Top 5 Kecelakaan Pesawat Yang Paling Parah Sepanjang Sejarah

Pecahbanget.com – Alat transportasi yang paling cepat dan tidak terlalu ribet dalam segala hal tentu saja adapah pesawat. Transportasi satu ini memang semakin hari menjadi pilihan sebagaian besar orang karena ingin mencapai tujuan dengan waktu singkat dan tentu saja terhindar dari macet. Namun bukan berarti alat transportasi tidak digunakan lagi.

Setiap transportasi baik itu melalui darat, laut, hingga udara tentu beresiko akan apa yang dinamakan kecelakaan. Hal ini tentu menjadi pilihan orang masing-masing untuk memilih jenis trasnportasi apa yang diinginkan. Pesawat yang menjadi transportasi kelas atas tentu saja juga memiliki resiko kecelakaan, dan bisa sangat fatal bagi seluruh penumpang didalamnya jika terjadi kerusakan atau kesalahan dalam pesawat. Dari sekian kecelakaan di seluruh dunia berikut pecahbanget.com ambil dari sumber tahupedia9[dot]com inilah 5 kecelakaan pesawat paling parah dan tragis sepanjang sejarah penerbangan:

1. Turkish Airlines Flight 1974

Turkish Airlines Flight 1974

Turkish Airlines Flight 981 mengalami kecelakaan pada Maret 1974. Hasil investigasi menyebutkan pesawat naas itu mengalami kecelakaan karena kargo bagian belakang pesawat meledak. Pesawat ini meledak di luar kota Paris. Kecelakaan ini merupakan salah satu kecelakaan pesawat yang besar dan memakan korban jiwa 346 orang. Akibat kargo belakang yang meledak, terjadilah dekompresi, memutuskan kabel penting, dan membuat beberapa fitur tidak berfungsi sehingga pilot gagal mengendalikan pesawat tersebut. Kesalahan atau kerusakan bagian kunci kargo diduga penyebab kargo tersebut terbuka.

2. Charkhi Dadri 1996

Charkhi Dadri 1996

Ini bukan kecelakaan tunggal seperti Turkish Airlines Flight 981, melainkan kecelakaan yang melibatkan dua pesawat, yaitu pesawat Saudi Arabian dan Kazakhstan yang bertabrakan di langit sebelah barat kota New Delhi. Kecelakaan mengerikan ini merenggut seluruh jiwa penumpang kedua pesawat. Diduga kecelakaan terjadi karena kesalahan komunikasi antara dua pilot tersebut. Komunikasi pilot terhambat karena minimnya kemampuan berbahasa Inggris kedua pilot. Kecelakaan yang terjadi November 1996 itu merenggut korban sebanyak 349 orang. Kecelakaan ini terjadi berawal pesawat Saudi  Arabian terbang terlalu tinggi sehingga bertabrakan dengan pesawat Kazakhstan. Sebelumnya pesawat Saudi Arabian sudah menerima peringatan untuk terbang di ketinggian 1.042 meter. Peringatan tersebut nampaknya tidak diindahkan sang pilot yang take offdari kota New Delhi tersebut.

3. Japan Airlines Flight 123 1985

Japan Airlines Flight 123 1985

Jumlah korban Japan Airlines Flight 123 mencapai 520 jiwa. Kecelakaan ini terjadi pada tanggal 12 Agustus 1985 di dekat gunung Ogura. Kecelakaan pesawat ini terjadi sesaat sesudah pesawat lepas landas. Data menyebutkan, Jepang adalah salah satu negara dengan bandara tersibuk di dunia. Dekompresi yang terjadi pada Japan Airlines flight 123 ini akhirnya membuat sang pilot gagal mengendalikan pesawat. Dekompresi tersebut juga merusak ekor pesawat dan sistem hidrolik. Sangat disayangkan pesawat mengalami dekompresi dan akhirnya menewaskan ratusan orang.

4. Tenerife Disaster 1977

Tenerife Disaster 1977

Tenerife North dulunya bernama Los Rodeos. Di tenerife Norht terjadi tabrakan antara dua pesawat, yaitu pesawat Boeing 747. Saat itu Tenerife sedang mengalami cuaca buruk. Kabut dan cuaca buruk mengganggu komunikasi airport sehingga menyebabkan kedua pesawat itu bertabrakan ketika akantake off. Sebenarnya pesawat KLM Flight 4805 dan Pam Am Flight 1736 menuju Gran Canara Airpot, namun karena terjadi ledakan bom di dekat sana, maka keduanya beralih ke Tenerife. Ledakan itu terjadi pada 27 Maret 1977. Total korban jiwa dari kedua pesawat naas tersebut berjumlah 583 orang. Kecelakaan ini merupakan salah satu kecelakaan terburuk di dunia penerbangan.

5. Tragedi 11 September 2001

Tragedi 11 September 2001

Kecelakaan ini bukan terjadi karena cuaca buruk atau kerusakan pesawat, kecelakaan ini terjadi karena pesawat dibajak oleh sekelompok teroris yang mengaku sebagai Al-Qaeda. Kelompok ini membajak sebanyak empat pesawat, yaitu dua pesawat 767 dari Boston, pesawat 757 dari Newark, dan 757 dari Wahsington. Kecelakaan ini terjadi pada 11 september 2001. Keempat pesawat yang dibajak itu ditabrakkan pada gedung World Trade Center yang berada di New York. Akibat tabrakan hebat dari empat pesawat, gedung itu runtuh. Tercatat 33 kru pesawat tewas dan 214 korban dari pihak penumpang. Kecelakaan pesawat akibat pembajakan teroris ini menyebabkan sekitar 2.700 orang meninggal dunia dengan tragis. Ini merupakan kecelakaan pesawat terburuk yang pernah terjadi.

Written by Jayanegara

Oke saya mulai serius di dunia persitusan ini hanya untuk mencari sedikit duit buat beli laptop atau smartphone. Biar gak keliatan gaptek lah.
Walaupun anak kuliahan cupu, ane tetep pengen pegang duit banyak coy. Udah gitu doang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *