5 Pesepakbola Yang Terjun ke Dunia Politik

Dalam dunia politik, popularitas merupakan salah satu komponen penting. Dengan faktor ketenaran, seseorang bisa memperoleh posisi strategis nan bergengsi dalam aktivitas politiknya. Ini pula yang ditengarai sebagai penyebab beberapa atlet sepakbola terjun ke dunia politik.
Misalnya Andrei Shevchenko, yang dua tahun silam mencalonkan diri sebagai anggota legislatif Ukraina. Ada lima pemain lain yang mengubah haluan kariernya hingga ke gedung parlemen. Siapaka sajakah itu ?? mari kita bahas bersama gan tentang 5 Pesepakbola yang Terjun ke Dunia Politik :

1. Viktor Orban

orban viktor

Viktor Orban tercatat sebagai pemain klub amatir Hungaria, FC Felcslut. Dan ia menjadi Perdana Menteri Hungaria selama dua periode. Banyak analisa yang mengatakan, karier politik Orban berjalan mulus karena perhatian masyarakat Hungaria yang sangat besar terhadap sepakbola.
Kesimpulan itu cukup beralasan, mengingat Hungaria merupakan tim sepakbola yang disegani pada 1950-an. Rekor kemenangan yang apik, plus pesona Ferenc Puskas, berhasil mencatatkan nama Hungaria sebagai timnas yang berbahaya kala itu.
Kali pertama Orban menjadi PM Hungaria yakni pada 2002-2008. Kemudian di pemilu 2012, Orban kembali mencalonkan diri dengan membawa isu kesejahteraan sosial serta asuransi kesehatan bagi kaum tidak mampu dan pengangguran. Kala itu ia maju bersama Partai Fidesz. Orban menang dan PM Hungaria sejak 2010 hingga kini.

2. George Weah

George Weah

George Weah merupakan pemain Afrika pertama yang meraih gelar Pemain Terbaik Eropa di 1995. Kala itu ia bermain di klub raksasa Italia, AC Milan. Weah memulai karier internasional di AS Monaco. Bersama tim AS Monaco, ia mencatatkan gelar pemain terbaik Afrika pada 1989, 1994, serta 1995.
Pada 2003, mantan pemain internasional Liberia itu memutuskan menggantungkan sepatu dan memilih ranah politik. Dengan membawa isu perbaikan sistem dan akses pendidikan, Weah maju dalam Pemilu Presiden Liberia, 2005. Weah kalah dari lawannya, Ellen Johnson Sirleaf, di pemilihan putaran kedua.

3. Eric Cantona

Eric Cantona

Legenda hidup setan merah, Eric Cantona memutuskan untuk pensiun pada 1997. Sejak itu, ia sempat memilih jalur hiburan dengan memerankan sejumlah film. Salah satunya film yang bercerita tentang dirinya.
Cantona baru mulai berkiprah di dunia politik pada 2010. Yakni dengan menyuarakan ketimpangan sosial di Prancis kala kepemimpinan Nicholas Sarkozy. Ia pun mengajak rakyat Prancis agar menarik seluruh tabungan, Tujuannya agar sejumlah bank, yang dianggap sebagai biang keladi ketimpangan sosial, bangkrut.
Cantona mencalonkan diri menjadi presiden Prancis di 2012 lewat jalur nonpartai. Namun ia tidak lolos persyaratan. Yakni gagal mengumpulkan sedikitnya 500 tanda tangan pejabat terpilih.

4. Roman Pavlyuchenko

Roman Pavlyuchenko 

Gelandang Tottenham Hotspur yang pensiun di akhir musim 2012-2013 itu memutuskan bergabung denga Partai United Rusia. Partai pengusung Presiden Rusia, Vladimir Putin. Mantan penyerang timnas Rusia itu juga pernah terpilih sebagai wakil dewan kota di Stavropol pada 2007. Pavly masuk politik dengan fokus pembangunan sistem dan pengembangan atlet olahraga.

5. Jack Komboy

Kamasan Jack Komboy merupakan pemain Persipura. Pada 2004-2005, Jack pernah menggelandang Persipura sebagai Juara Liga Super Indonesia. Dan menjadi runner up di tahun berikutnya.
Kala 2010, ia berhenti menggiring bola di rumput hijau. Bekas pemain Timnas Indonesia itu membanting setir ke jalur politik demi memajukan tanah kelahirannya. Jack pun terpilih menjadi anggota DPRD Papua 2010-2014, dari Partai Hanura.
sumber : bagusseven.blogspot.com ; pecahbanget.com ; 15 August 2014

Incoming search terms:

  • Atlet terjun politik
  • Atlet yang terjun ke dunia politik

Written by Egelszy

Nama saya aeng gan. Author yang paling muda di pecahbanget.com. Sebelumnya saya mempunyai blog dan sekarang saya tergabung dalam crew pecahbanget.com karena direkrut Amirigo. Sebenarnya saya adalah murid dari Amir Igo. Dan banyak orang yang mengatakan saya sangat handal dalam dunia blogger tentunya setelah Amir Igo :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *