Manfaat yang Bisa Kita Dapat dari Bermain Game

bermain game

Game sangatlah populer pada zaman ini, baik di kalangan anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa juga ada yang bermain game di sela kesibukannya. Tak sedikit orang yang bermain hingga berjam-jam lamanya. Serunya permainan dapat membuat pemainnya merasa tertantang dan ketagihan untuk terus bermain. Kita sering lupa waktu karena keasyikan bermain.

Karena sifat adiktif dari game itu, banyak orang yang berpendapat bahwa game membawa dampak negatif bagi manusia. Hal ini biasanya terjadi pada orang tua yang melarang anaknya bermain game. Menurut mereka bermain game tidak ada manfaatnya dan hanya membuang waktu saja. Tidak hanya karena membuang waktu, mereka juga menggangap game juga membuang uang, karena tidak semua game dapat diperoleh dengan gratis. Waktu saya SD hingga SMP, saya sering dimarahi orang tua karena menghabiskan uang saku untuk bermain di tempat penyewaan PS. Alasan lain yang banyak muncul adalah alasan sosial, mereka menganggap pemain game menjadi kurang bersosialisasi dan bertindak kasar akibat kekerasan yang ditampilkan pada game.

Namun pendapat mereka tidak sepenuhnya benar. Seperti yang dikutip dari Buzzle.com, berikut ini keuntungan yang diperoleh dari bermain game:

1. Mengembangkan Kemampuan Problem Solving

Bermain game dapat mengembangkan kemampuan problem solving (memecahkan masalah), memperkirakan hasil, dan kemampuan analisis. Hal itu dikarenakan pemain terbiasa menentukan pergerakan dan aksi dari karakter dalam game. Apalagi pada game berjenis puzzle atau adventure yang menuntut kemampuan problem solving untuk menyelesaikan teka-teki yang rumit dalam permainan. Batasan waktu atau pergerakan musuh juga mengharuskan pemain membuat keputusan dengan cepat.

2. Melatih Kemampuan Manajemen Waktu

Kita harus pandai memanfaatkan waktu saat bermain game, khususnya yang berjenis strategy dan time management. Aktivitas virtual ini meningkatkan kemampuan memanajemen, bagaimana kita memanfaatkan sumber daya yang ada di dalam game dengan efektif dan efisien, bagaimana mengatur pasukan agar dapat menaklukkan musuh, bagaimana kita bisa mendapatkan hasil dalam waktu yang sudah ditentukan. Kita juga belajar untuk mengenal situasi tertentu dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

3. Sebagai Hiburan

Game dapat menghilangkan rasa stress, frustasi, marah, galau dan perasaan negatif lainnya. Kita bisa melupakan masalah dalam hidup saat sedang keasyikan bermain. Ternyata bermain game dapat menumbuhkan pikiran positif juga. Buktinya, game bisa dijadikan terapi bagi anak yang mempunyai masalah psikologis. Mereka mendapatkan rasa keterlibatan, keberhasilan, dan membangun rasa percaya diri. Game juga bersifat interaktif, karena kita sendiri yang menentukan aksi dari karakter.

4. Meningkatkan Kemampuan Visual

Dampak postitif yang tak kalah penting lainnya adalah meningkatkan kemampuan visual. Peneliti menemukan bahwa orang yang sering bermain game mendapatkan skor lebih baik dalam tes pengelihatan dibandingkan dengan orang yang tidak pernah bermain. Pemain telah terbiasa menatap layar sementara tangannya mengoperasikan joystick atau mouse dan keyboard. Hal ini membutuhkan koordinasi mata dan juga  gerak refleks yang baik.

Pada tahun 2004, seorang ahli bedah bernama Butch Rosser meneliti perbedaan kemampuan ahli bedah antara yang bermain game dengan yang tidak. Ternyata, ahli bedah yang sering bermain lebih cepat dalam bekerja dan membuat kesalahan yang lebih sedikit dibandingkan dengan yang tidak bermain.

5. Melatih Kerjasama

Dalam game online, kita bisa mendapat teman baru dari berbagai negara. Dari tempat yang sangat berjauhan, kita bisa bermain bersama dan juga berinteraksi dengan mereka tanpa membeda-bedakan bangsa, agama, maupun ras. Banyak game online yang mengkondisikan dimana pemain butuh banyak teman agar mendapat pencapaian yang lebih memuaskan. Kita perlu bekerjasama dengan mereka, meski kita belum pernah bertatap muka satu sama lain. Bahkan skill kepemimpinan kita juga bisa dilatih jika kita yang memimpin teman-teman kita dalam permainan.

 

Masih banyak manfaat lain dari game. Seperti membuka lapangan kerja baru; game programmer (baca juga : pembuat game flappy bird mendapat 600 juta sehari), desainer, tester dll. Sarana pembelajaran baru yaitu melalui game edukatif, diadakannya perkumpulan pecinta game tertentu, diadakannya berbagai lomba game, dan sebagainya dan sebagainya…

Tapi, tetap dampak negatif dari game juga tidak bisa diabaikan. Kita perlu memperhatikan berapa lama kita bermain. Jangan terlalu lama bermain, karena akan berdampak buruk bagi kesehatan, khususnya kesehatan mata. Bermain terlalu lama dan tidak pernah keluar rumah juga mengakibatkan masalah sosial. Bersosialisasi yang utama adalah di dunia nyata, bukan di dunia maya, karena di dunia nyata kita bersosialisasi secara langsung tanpa perantara. Pandai-pandailah mengatur waktu agar kegiatan sehari-hari tidak terganggu. Menurut azizscout.blogspot.com segala sesuatu yang sering diperdebatkan orang memiliki sisi positif dan negatif, tapi dibalik semua itu pasti ada hikmah yang dapat kita ambil. Usahakan agar kita mendapat dampak positif dan menghindari dampak negatifnya.

Sumber : Buzzle.com dengan perubahan

Written by Aziz Gigi

Nama saya Aziz. Saya anak juragan tembakau. Saya ganteng dan disukai banyak wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *