Infografis: Lama Berpuasa Dari Berbagai Negara Di Dunia

Puasa dan lama berpuasa

Pecahbanget.com – Setiap negara tentunya memiliki durasi atau lama berpuasa yang berbeda dengan negara yang lainnya. Kita sebagai orang Indonesia akan berpuasa hampir 13 jam lamanya. Kita sebagai penduduk Indonesia terbilang beruntung karena bisa menjalankan puasa hanya 13 jam dalam sehari.

Di Denmark, muslim di negara skandinavia itu harus berpuasa selama 21 jam lamanya. jadi, waktu untuk berbuka, dan bersahur totalnya hanya 3 jam lamanya.
Lama-Berpuasa-disetiap negara berbeda
Lama berpuasa dari berbagai negara via cnn.com
Perbedaan waktu atau durasi puasa disebabkan oleh perputaran Bumi dalam mengelilingi Matahari tidaklah lurus tapi  miring. Hal ini membuat pada waktu tertentu termasuk lama berpuasa.
Maret hingga September negara-negara di belahan bumi utara menerima cahaya matahari lebih lama dari yang di selatan. Sementara pada periode Oktober – Februari negara-negara di belahan selatan menerima cahaya matahari lebih lama dari yang di utara.
Jam berpuasa berbeda-beda di dunia
Jam puasa dari belahan dunia via detik.com

Jika muslim di Indonesia mulai berpuasa pada jam 4 pagi serta berbuka puasa pada jam 6 sore, maka muslim di Denmark yang mulai berpuasa jam 4 pagi harus manahan lapar dan haus sampai jam 1 dini hari di hari berikutnya. Begitulah gambaran perbandingannya.

sumber: cnn.com: pecahbanget.com; 12 June 2016

Written by Jayanegara

Oke saya mulai serius di dunia persitusan ini hanya untuk mencari sedikit duit buat beli laptop atau smartphone. Biar gak keliatan gaptek lah.
Walaupun anak kuliahan cupu, ane tetep pengen pegang duit banyak coy. Udah gitu doang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *