Jajaran 10 Orang Terkaya Indonesia Di Tahun 2016 Versi Forbes

Tentu hal yang paling di nanti-nanti jika pergantian tahun adalah adanya daftar-daftar deretan hal-hal menarik yang dikategorikan terbaik, terkeren, dan ter ter lainnya. Dalam hal ini juga termasuk kategori terkaya. Tentu siapa sih yang tidak kenal dengan majalah populer sejagad majalah forbes. Baru-baru ini majalah tersebut kembali mengeluarkan rilisan terbaru siapa orang-orang dengan kekayaan tertinggi sejagad. Tentu dalam keseratus listnya di tahun 2016 berisikan para pengusaha-pengusaha kelas atas yang sudah mencapai profit yang besar. Dari sekian daftar terebut, orang indonesia belum juga masuk kedalamnya.

Nah bicara tentang orang indonesia, versi majalah forbes juga mengeluarkan deretan pengusaha terkaya asli dari Indonesia yang memiliki tumpukan uang yang buat kamu geleng-geleng kepala.

Dari sekian banyaknya orang dan pengusaha di Indonesia, berikut simak saja daftar sepuluh orang paling kaya dari Indonesia versi majalah forbes:

1) R. Budi Hartono

Budi Hartono via forbes.com
Budi Hartono via forbes.com

Budi Hartono masih tetap berada di puncak daftar ini. Total kekayaan yang dimilikinya yaitu US$ 8,1 miliar jika di rupiahkan sekitar Rp 105,3 triliun. Sumber kekayaanya berasal dari bisnis utamanya yaitu Rokok serta memiliki sebagian besar saham Bank BCA. Grup Djarum merupakan pilar bisnis yang dia geluti bersama dengan sang kakak Michael Hartono. Kini usaha mereka telah merambah berbagai sektor termasuk bank BCA tadi. Kini namanya tercatat pada urutan 141 orang paling kaya seantero dunia.

2) Michael Hartono

michael-hartono
Michael Hartono via bijaks.net

Hartono berusia 76 tahun merupakan kakak dari Budi Hartono. Jumlah aset kekayaan yang ia miliki sekitar US$ 7.9 miliar atau jika di rupiahkan senilai Rp 102.7 triliun. Seperti diketahui ia menjalankan bisnis bersama sang adik yaitu Grup Djarum. Sang kakak menorehkan namanya di urutan ke 146 daftar konglomerat dunia.

3) Chairul Tanjung

Chairul Tanjung via indonesiarichest.net
Chairul Tanjung via indonesiarichest.net

Tanjung merupakan pengusaha Indonesia yang berusia 53 tahun. Ia memiliki total harta senilai US$ 4,9 miliar atau setara dengan Rp 63.7 triliun. Bisnisnya meliputi berbagai bidang seperti media, perbankan, hiburan, kuliner, perkebunan, dan gaya hidup. CT merupakan nama sapaannya dan menjadi nama induk perusahaan yaitu CT Corp yang membawahi berbagai anak perusahaan termasuk Trans Corp. CT sendiri kini menduduki peringkat 286 dunia.

4) Sri Prakash Lohia

sri-prakash-lohia
Prakash Lohia via globalindonesianvoices.com

Lohia adalah pengusaha berusia 63 tahun. Ia memiliki jumlah harta sekitar US$ 4.2 miliar atau setara Rp 54.6 triliun. Bisnis yang digelutinya adalah Poliester. Perusahaanya bernama Indorama dimana perusahaan tersebut menggarap sektor petrokimia. Posisinya berada di urutan 358 orang kaya dunia.

5) Bachtiar Karim

bachtiar-karim
Bachtiar Karim via toprichests.com

Ia merupakan orang terkaya di Indonesia 2016 dengan total aset kekayaanya berjumlah US$ 3,2 miliar atau senilai Rp 41,6 triliun. Pengusaha berusia 59 tahun ini menggeluti bisnis manufaktur. Salah satu asetnya adalah perusahaan Musim Mas yang merupakan raksasa perusahaan minyak sawit Indonesia. Dia menorehkan namanya di posisi ke- 527 dunia.

6) Mochtar Riady

Mochtar Riady via toprichests.com
Mochtar Riady via toprichests.com

merupakan pengusaha properti berusia 86 tahun. Saat ini ia memiliki total harta senilai US$ 2,1 miliar atau setara dengan Rp 27,9 triliun. Grup Lippo adalah iduk perusahaanya. Pada daftar orang kaya dunia ia mencatatnkan namanya di posisi ke-854.

7) Tahrir

tahrir orang terkaya nomor 7 indonesia
Tahrir via lihat.co.id

Tahrir merupakan pebisnis yang menggeluti sektor perbankan dan berbagai sektor industri lainnya. Ia memiliki harta yang sejumlah US$ 2 miliar jika dirupiahkan adalah Rp 26.5 triliun yang mengantarkanya menduduki posisi ke-7 daftar orang terkaya di Indonesia. Tahrir berada di posisi 906 daftar konglomerat dunia. Wow sangat jauh ya dari 100 orang terkaya di dunia versi forbes tahun 2016 ini.

8) Murdaya Poo

Murdaya Poo via profilbos.com
Murdaya Poo via profilbos.com

Pengusaha sukses ini merupakan pria berusia 76 tahun yang menggeluti berbagai sektor industri. Ia memiliki harta sebesar US$ 1,9 miliar dan jika di rupiahkan senilai Rp 24,7 triliun. Dari perusahaannya yang bernama Central Cipta Murdaya Murdaya mengumpulkan pundi-pundi kekayaanya. Pastinya warga jakarta tidak asing dengan gelaran Jakarta International Expo, itu adalah salah satu yang diselengarakannya. Posisi di dunia adalah ke-959.

9) Peter Sondakh

Peter Sondakh via tempo.co
Peter Sondakh via tempo.co
Pria yang kini berusia 66 tahun. Ia menggeluti sektor bisnis investasi. Dari usahanya tersebut ia mengumpulkan harta mencapai US$ 1.8 miliar jika di rupiahkan senilai Rp 23.9 triliun dan mencantumkan namanya sebagai 10 besar orang terkaya Indonesia. Selain itu ia juga memiliki Rajawali Grup yang bergerak di sektor pertambangan. Di dunia ia menduduki peringkat ke-1.011.

10) Eddy Kusnadi Sariaatmadja

Eddy Kusnadi via profilbos.com
Eddy Kusnadi via profilbos.com

Pengusaha ini berusia 62 tahun. Ia bergelut di bisnis media. Dari bisnisnya itu ia memiliki harta sekitar US$ 1.6 miliar atau setara Rp 20.8 triliun. Elang Mahkota Teknologi adalah salah satu induk perusahaanya yang membawahi perusahaan media diantaranya adalah Liputan6.com dan SCTV. Pada peringkat dunia ia tercatat di urutan ke-1121 dunia.

Dikarenakan ada beberapa nama baru yang masuk ke daftar 10 besar orang terkaya Indonesia 2016 ini maka sudah pasti ada yang tergeser. Berikut nama-nama yang posisinya kini keluar dari 10 besar, ada Susilo Wonowidjojo – Gudang Garam, Eka Tjipta Widjaja – Sinar Mas, Antoni Salim – Indofood, Boenjamin Setiawan – Kalbe Farma.

Incoming search terms:

  • 10 org terkaya indonesia persi majalh porb

Written by Jayanegara

Oke saya mulai serius di dunia persitusan ini hanya untuk mencari sedikit duit buat beli laptop atau smartphone. Biar gak keliatan gaptek lah.
Walaupun anak kuliahan cupu, ane tetep pengen pegang duit banyak coy. Udah gitu doang.