10 Hutan Terindah yang Ada di Dunia

Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. Hutan sendiri adalah bagian penting dalam ekosistem. Selain berfungsi sebagai paru-paru dunia yang menyediakan oksigen bagi kelangsungan hidup manusia, hutan juga menjadi tempat tinggal bagi berbagai macam flora dan fauna. Di antara bermacam-macam hutan yang mendiami 10 persen bagian bumi, terdapat beberapa hutan yang kami anggap sangat indah dan menarik untuk kami sampaikan kepada anda. Berikut daftar 10 Hutan Terindah di Dunia

1. Hallerbos, Belgia

hallerbos indah banget
Hutan Hallerbos terletak di kawasan Halle, sebuah daerah yang berjarak 15 kilometer dari kota Brussel, Belgia. Hutan Hallerbos adalah hutan yang keindahan alamnya terbentuk secara alamiah. Di hutan ini terdapat hamparan bunga bakung hyacinth berwarna ungu yang akan menampilkan keindahannya pada saat musim semi tiba. Selain itu, terdapat pula ragam pohon berukuran sedang yang tertata dengan rapi, di beberapa tempat terdapat juga aliran sungai kecil yang memiliki air yang sangat jernih. Maka tak heran bila rute ini menjadi rute favorit bagi pejalan kaki dan pengendara sepeda yang bermukim di sekitar Halle.

2. Zhangjiajie, China

zhangjiajie menakjubkan

Hutan Zhangjiajie adalah hutan nasional yang terletak di provinsi Hunan, China. Hutan ini mendapat status sebagai situs warisan dunia dari UNESCO pada tahun 1992. Film Avatar, salah satu film terbaik sepanjang masa menampilkan panorama hutan berbukit yang luar biasa mengaggumkan, dan tahukah anda, hutan yang ada didalam film tersebut terinspirasi dari keindahan yang ada di hutan Zhangjiajie. Keindahan hutan ini terletak pada ratusan bukit pasir yang sebagian besarnya memiliki ketinggian diatas 200 meter.Selain itu terdapat pula 40 goa , danau alami, air terjun serta dua jembatan yang dibentuk oleh alam.

3. Hutan Sagano, Jepang

sagano sejuk
Hutan Sagano adalah hutan bambu yang terletak di daerah Arashiyama, sebuah daerah yang berada di bagian barat Kota Kyoto, Jepang. Di hutan ini, terdapat sebuah jalan setapak sepanjang 500 meter. Bila berjalan di jalan setapak tersebut, anda akan menikmati keindahan ribuan pohon bambu yang di tata rapi oleh alam. Selain menyejukan mata, bunyi-bunyi gemerisik daun yang tertiup oleh angin juga akan memanjakan telinga anda. Hutan ini pun telah menjadi salah satu daerah paling dilindungi oleh pemerintah karena hutan ini punya sejarah yang panjang bagi warga jepang.

4. Hutan Crooked, Polandia

crooked keren

Keindahan hutan crooked terletak pada pohon-pohon pinusnya yang berbentuk unik. Hutan ini memiliki 400 pohon yang bagian pangkalnya melengkung. Sebagian percaya pohon ini sengaja ditanam dan dibentuk untuk bahan pembuatan kapal. Namun sebagian mengatakan bentuk tersebut disebabkan oleh Tank-Tank dari Perang Dunia II yang pernah melintas di hutan tersebut.

5. Jiuzhaigou Valley, China

jiuzhaigou valley indah banget

Jiuzhaigou Valley adalah sebuah hutan yang terletak di provinsi Sichuan, China. Di hutan ini terdapat banyak danau warna-warni, sungai-sungai jernih, air terjun serta pegunungan yang puncaknya ditutupi oleh salju. Selain itu, ragam pohon di hutan ini akan berubah warna seiring dengan pergantian musim di China.Pada tahun 1992, karena keindahannya, UNESCO menetapkan Jiuzhaigo Valley sebagai situs warisan dunia dan pada tahun 1997 tempat ini pun ditetapkan sebagai Cagar Biosfer Dunia.

6. Monteverde Cloud Forest Reserve, Kosta Rika

Monteverde Cloud Forest Reserve WOW banget

Hutan ini adalah sebuah hutan hujan tropis yang memiliki luas mencapai 26.000 hektar, terdiri dari 6 zona ekologi yang 90% di antaranya adalah hutan perawan. Keindahan hutan ini terletak pada sungai-sungai kecil yang jernih, beberapa air terjun dengan ketinggian sedang juga banyak dijumpai disini. Hutan ini merupakan salah satu tujuan wisata paling populer di Kosta Rika, setiap tahunnya ada 70.000 orang yang berkunjung untuk dapat menikmati keindahan dari 2.500 spesies tanaman, 100 jenis mamalia, 400 jenis burung, 120 spesies reptil dan amfibi, serta ribuan jenis serangga.

7. Hutan Daintree, Australia

daintree bautiful

Hutan Daintree adalah sebuah hujan tropis yang terletak di Queensland, Australia. Hutan ini disebut-sebut sebagai hutan tertua di dunia karena menurut penelitian hutan ini dipercaya telah berusia 110 juta tahun. Beberapa tahun terakhir, pemerintah membuatkan beberapa objek wisata, alhasil hutan yang didalamnya juga hidup hewan langka walabi dan platypus menjadi salah satu tempat paling banyak dikunjungi oleh turis di Australia.

8. Giant Sequoia National Monument, Amerika Serikat

giant squoia

Sesuai dengan namanya, hutan Giant Sequoia National Monument yang terletak di Pegunungan Selatan Sierra Nevada, California ini diisi dengan pohon Sequoia yang berukuran raksasa. Di hutan yang memiliki luas area 1.330 km2 ini memiliki 38 dari 39 pohon Sequoia Raksasa yang ada di dunia. Dan salah satu Pohon Sequioia yang bernama Jenderal Sherman di nobatkan sebagai pohon terbesar di dunia, lebih tepatnya lagi organisme Hidup Terbesar, Tertinggi, dan Tertua di dunia.

9. Hutan Shilin, China

hutan shilin

Hutan Shilin adalah hutan terindah di dunia yang terletak di Provinsi Yunnan, China. Anda akan melihat keindahan batuan kapur yang menjulang di dua kawasan, yakini Lizijing dan Naigu. Di hutan ini terdapat pula danau-danau alami, air terjun serta taman bunga yang akan berubah warna setiap kali musim berganti. Hutan ini menjadi salah satu hutan paling penting di China karena hutan ini memiliki sejarah yang panjang dalam budaya masyarakat China.

10. Hutan Amazon, Brazil

hutan amazon

Hutan Amazon adalah hutan hujan terluas di dunia yang memiliki luas 7.000.000 km2. Saking luasnya, hutan ini masuk ke dalam wilayah 9 negara, yakni Brazil (60 persen), Kolumbia, Peru, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Guyana, Suriname dan Guyana Prancis. Ada banyak sekali keindahan yang ada di Amazon, dan beberapa dari keindahan tersebut masih belum terjangkau oleh manusia karena luasnya area tersebut. Selain itu Amazon memiliki 30% dari seluruh hewan di bumi ini dan setengah tumbuh-tumbuhan di dunia hidup di hutan Amazon yang artinya akan banyak keindahan yang dapat ditemui disini.

sumber : cengkram.com ; pecahbanget.com ; 13 August 2014

Written by Egelszy

Nama saya aeng gan. Author yang paling muda di pecahbanget.com. Sebelumnya saya mempunyai blog dan sekarang saya tergabung dalam crew pecahbanget.com karena direkrut Amirigo. Sebenarnya saya adalah murid dari Amir Igo. Dan banyak orang yang mengatakan saya sangat handal dalam dunia blogger tentunya setelah Amir Igo :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *