Daftar 10 Obat Tradisional Yang Manjur Untuk Batuk

batuk dan obat tradisionalnya

Pecahbanget.com – Batuk memang sering dianggap sebagai penyakit yang masuk dalam kategori ringan. Namun, jika batuk terus-terusan menyerang, pastilah penderitanya akan merasa tersiksa dengan keberadaannya. Bagi anda yang kurang begitu suka dengan obat batuk berbahan kimia, tak ada salahnya anda mencoba mengobati batuk dengan bahan alami. Indonesia kan kaya dengan banyaknya bahan – bahan obat – obatan tradisionalnya yang sudah terkenal manjur untuk segala penyakit “katanya”. Langsung saja berikut ada daftar 10 obat batuk dari bahan – bahan tradisional:

 1  Jeruk nipis
Jeruk nipis adalah salah satu bahan alami yang bisa anda pilih sebagai obat alami untuk penyakit batuk. Ketika anda ingin mencobanya, cukup peras 1 jeruk nipis dan campur perasannya dengan sesendok kecap, minum secara rutin 3 kali sehari.

2  Jahe
Jahe, bahan alami yang bisa menghangatkan badan ini berhasil masuk dalam daftar 10 obat batuk tradisional paling manjur. Ketika anda ingin menggunakannya sebagai obat batuk, cukup membuat wedang jahe dan anda bisa mengkonsumsi rutin setiap hari sampai batuk yang anda derita sembuh.

 3  Kencur
Bahan alami yang bisa anda gunakan untuk menyembuhkan batuk adalah kencur. Cukup padukan jahe dan kencur, parut, rebus, dan minum secara rutin setiap hari.

 4  Daun sirih
Daun yang biasanya digunakan untuk membersihkan organ intim ini ternyata masuk dalam daftar 10 obat batuk tradisional paling manjur. Rebus daun sirih dan jahe dan konsumsi air rebusan sekali sehari.

5  Belimbing wuluh
Belimbing yang rasanya asam ini bisa juga anda gunakan untuk obat batuk alami. Parut belimbing wuluh, peras, campur dengan sedikit garam, dan anda bisa meminum perasan belimbing wuluh secara rutin.

 6  Kunyit
Bahan alami yang biasanya digunakan untuk obat nyeri haid alami ini, ternyata bisa anda gunakan untuk obat batuk secara alami. Caranya, cukup campurkan satu sendok kunyit dan satu sendok merica, dan minum sehari 2 kali.

 7  Cabe jawa
Cabe jawa adalah bahan alami yang masuk dalam daftar 10 obat batuk tradisional paling manjur. Ketika anda ingin menggunakannya untuk obat batuk, tinggal tumbuk cabe jawa hingga halus dan minum dengan menggunakan satu sendok makan madu.

 8  Daun kayu putih
Daun kayu putih bisa anda coba untuk menyembuhkan batuk alami. Caranya cukup mudah, tinggal rebus daun kayu putih kira-kira 10 gram dengan menggunakan 3 gelas air dan sisakan rebusan hanya 1 gelas saja.

 9  Asam jawa
Asam jawa, bahan alami yang rasanya kecut ini bisa anda coba untuk menyembuhkan obat batuk. Tinggal rebus dengan sedikit air dan anda bisa mencampurkannya dengan gula merah ketika ingin mengkonsumsinya.

 10  Jahe merah
Jahe merah adalah salah satu obat alami yang paling manjur. Jika anda ingin mengobati obat batuk dengan jahe merah, tinggal kupas, kunyah, dan ambil airnya, dan anda bisa membuang ampasnya. Gampang kan?

Tentunya kesemua obat tradisional ini mudah didapatkan. Selain gampang untuk dicari, harga juga tidak akan semahal dengan obat kemasan. Anda juga tidak perlu repot – repot untuk pergi ke Dokter hanya untuk berkonsultasi masalah ringan seperti ini. Semoga tips ini bermanfaat hanya untuk sekedar menjadi pengetahuan baru bagi anda yang mungkin anti terhadap obat-obatan pabrik.

sumber: daftarmenarik; pecahbanget.com; 13 July 2015

Written by JYN

Oke saya mulai serius di dunia persitusan ini hanya untuk mencari sedikit duit buat beli laptop atau smartphone. Biar gak keliatan gaptek lah.
Walaupun anak kuliahan cupu, ane tetep pengen pegang duit banyak coy. Udah gitu doang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *