Bumi Punya Bulan Baru : Asteroid 2014 OL339

Bumi punya bulan baru loh. Jadi sekarang satu tahun ada 13 bulan? Bukan, bukan bulan yang itu, tapi bulan yang merupakan satelit bumi. Seperti apakah bulan baru ini? Mengapa baru ditemukan sekarang? Mengapa masih tidak terlihat di malam hari? Simak saja artikel di bawah ini.

http://astronesia.blogspot.com/

Bulan telah mengorbit bumi selama lebih dari empat miliar tahun.

Tapi pendamping setia planet kita ini mungkin tidak sendirian. Sebuah objek baru, dijuluki 2014OL339, telah ditemukan menyamar sebagai bulan keduaBumi.

“Bulan baru” ini sebenarnya hanya sebuah asteroid berukuran 490 kaki (150 meter), membutuhkan waktu sekitar 1 tahun mengorbit Matahari dan cukup dekat dengan Bumi sehingga terlihat seperti satelitnya.
Bumi Punya 'Bulan Kedua': Asteroid 2014 OL339

Obyek aneh ini ditemukan secara tak sengaja pada 29 Juli oleh astronom Farid Char dari ChiliUniversity of Antofagasta.

Menurut Rebecca Boyle, penulis di New Scientist, asteroid 2014 OL339 telah menjelajah ruang angkasa dekat planet kita selama sekitar 775 tahun dan akan terus melakukannya selama 165tahun kedepan.

Asteroid ini memiliki orbit elips dan memakan waktu sekitar 364,92 hari untuk sekali mengelilingimatahari, berarti asteroid 2014 OL339 dan Bumi berada di orbit resonansi‘.

Hal ini terjadi ketika gravitasi dua objek yang sedang mengorbit memengaruhi satu sama lainkarena orbitnya yang berdekatan.

Misalnya, Pluto dan Neptunus berada dalam resonansi orbital 2: 3. Ini berarti untuk setiap dua kaliPluto berputar mengelilingi matahari, Neptunus sudah membuat tiga kali perjalanan mengorbit disekitar Matahari.

Asteroid 2014 OL339 mengorbit matahari dalam jangka waktu yang mirip dengan Bumi, namungravitasi planet kita mendorongnya menjadi sebuah objek eksentrik.


Melihatnya dengan teleskop yang kuat dari Bumi, OL339 tampak seolah-olah mengorbit disekitarplanet kita, bergerak mundur terhadap bintang-bintang.

Sejumlah batu ruang angkasa lainnya telah jatuh ke orbit yang membuat mereka terlihat seolah-olah mereka mengitari bumi.

Sama seperti 2014 OL339, banyak batuan antariksa itu memakan waktu sekitar satu tahun untuk mengorbit matahari dalam orbit elips, menurut Phil Plait menulis dalam blog Astronomi Bad.

Yang paling terkenal adalah 3753 Cruithne, asteroid berukuran tiga mil (5 kilometer) yangditemukan pada tahun 1986. Namun, baru tahun 1997 para ilmuwan menemukan jalur yang tidak biasa dari asteroid ini.

Planet kita juga memiliki sejumlah minimoon’, merupakan asteroid kecil yang dipengaruhi olehtarikan gravitasi bumi dan mengorbit planet ini, tetapi untuk jangka waktu yang lebih pendek.

Minimoon ini kadang-kadang memiliki diameter hanya beberapa meter saja dan masing-masingcenderung mengorbit Bumi hanya sekitar satu tahun saja lalu mereka melanjutkan kehidupansebelumnya lagi sebagai asteroid.

Pada tahun 2012, sebuah tim yang dipimpin oleh University of Hawaii di Manoa menghitungprobabilitas bahwa pada waktu tertentu Bumi memiliki lebih dari satu bulan.

Mereka menggunakan superkomputer untuk mensimulasikan bagian dari 10 juta asteroid yang melewati bumi.

Mereka menyimpulkan bahwa setiap waktu, harus ada setidaknya satu asteroid dengan diameterminimal satu meter yang mengorbit Bumi.

Written by Aziz Gigi

Nama saya Aziz. Saya anak juragan tembakau. Saya ganteng dan disukai banyak wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *