Berbagai Teori tentang Asal Usul Kata Jomblo

Jomblo bukanlah kata yang asing di telinga kita. Apalagi bagi para penyandang status tersebut, kata itu pasti sering muncul dalam kehidupannya sehari-hari. Tahukah Anda, kata jomblo itu berasal dari kata apa? Diambil dari bahasa apa? Sejak kapan kata jomblo mulai diucapkan? Oh ya, bagi yang belum tahu, jomblo adalah orang-orang yang tidak punya pasangan, baik suami/istri maupun pacar. Jomblo berbeda dengan single (selengkapnya klik disini).

YYiYch

Dari mana asal usul kata jomblo?

Menurut teori yang paling dipercaya, asal usul kata jomblo adalah dari bahasa Sunda, yaitu JOMLO. Kata itu sudah dimasukkan ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ada pun arti sebenarnya dari kata itu adalah wanita yang sudah berumur tapi tidak kunjung menikah, atau kata kasarnya ‘perawan tua’. Kata ini mengalami perluasan makna, tidak hanya perawan tua saja yang menyandang kata ini, kaum remaja yang tidak punya pacar juga disebut sebagai jomblo. Kata ini juga ditambahkan huruf ‘B’ menjadi JOMBLO, mungkin tujuannya supaya lebih mudah diucapkan.

Selain teori di atas ada juga beberapa teori lain mengenai asal usul kata jomblo. Tapi teori-teori ini berasal dari sumber yang tidak bisa dipercaya yaitu : beritakeruak.blogspot.com, satu-satunya blog berita yang isinya bukan berita. Berikut ini teori tentang asal-usul kata jomblo versi beritakeruak:

1. Berasal dari kata Combro. Combro adalah makanan yang terbuat dari singkong yang isinya sambal oncom. Begitu juga jomblo saat melihat orang pacaran, kelihatannya cuek tetapi di dalam hatinya terasa panas dan pedas.

2. Berasal dari kata Jompo. Ada jomblo yang terancam tetap jomblo hingga menginjak usia jompo.

3. Berasal dari kata Zombie. Jomblo yang sedang galau kadang terlihat seperti zombie, menggeram tidak jelas, pandangan kosong dan kalau malam Minggu suka keluyuran tanpa arah yang jelas.

4. Berasal dari kata Jumble (Bahasa Inggris, artinya : campur aduk, acak). Jomblo kalau lihat orang pacaran perasaannya campur aduk. Sebagian jomblo penampilannya juga acak-acakan.

5. Berasal dari kata Jumbo. Keinginan jomblo untuk mendapatkan pacar kalau diukur pasti ukurannya super jumbo.

6. Berasal dari kata Jobless (Bahasa Inggris, artinya : pengangguran). Kalau malam Minggu, jomblo tidak punya kerjaan.

Nah, itulah berbagai teori mengenai asal usul kata jomblo dari sumber yang tidak bisa dipercaya. Menjadi seorang jomblo bukanlah hal yang memalukan. Karena jomblo juga manusia. Jomblo bukan suatu tindak kriminal. Hidup Jomblo!

Incoming search terms:

  • Jomblo berasal dari bahasa apa ya

Written by Aziz Gigi

Nama saya Aziz. Saya anak juragan tembakau. Saya ganteng dan disukai banyak wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *