8 Tips Menyeimbangkan Kehidupan Pribadi dengan Pekerjaan

8 Tips Menyeimbangkan Kehidupan Pribadi dengan Pekerjaan

Pecahbanget.com – Mencari keseimbangan antara kehidupan pribadi dan kehidupan karir mungkin bagi sebagian orang sangatlah sulit. Terutama bagi anda yang memiliki pekerjaan dengan tuntutan karir yang tinggi menyebabkan waktu untuk kehidupan pribadi anda terbuang begitu saja. Umumnya, keseimbangan yang optimal per-hari itu terbagi menjadi 3 bagian yaitu 8 jam untuk kerja, 8 jam untuk kehidupan pribadi, dan 8 jam untuk istirahat (tidur). Beberapa orang bahkan bekerja lebih dari 10-16 jam per hari sehingga kebutuhan yang lainnya tidak dapat tercapai.

Berikut ada 8 tips untuk membantu anda mencapai gaya hidup yang lebih bermanfaat dan mencapai keseimbangan yang dilansir dari laman dummies.com :

  1. Makan makanan yang kaya energi

Makan makanan yang tinggi antioksidan dan protein, rendah gula, lemak, dan karbohidrat akan memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan tubuh. Ada beberapa makanan yang sepert itu ialah :

  • Sayur-sayuran seperti bayam dan lentil
  • Buah-buahan seperti alpukat dan nanas
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kenari atau biji rami

Bagi anda yang memakan makanan yang tidak sehat atau tidak berenergi akan mudah merasakan kelelahan ataupun lesu sewaktu selesai bekerja karena menurunnya tingkat energi anda. Hal ini menyebabkan keinginan tidur sepanjang hari. Keinginan tidur ini dapat menyebabkan metabolisme anda menjadi tidak menentu dan hormon yang meningkat.

  1. Latihan untuk tetap aktif dan waspada

Olahraga teratur tidak hanya dapat membuat anda sehat dan bugar tetapi juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, metabolisme, endorfin, dan kewaspadaan. Ketika bekerja akan  menjaga anda untuk lebih energik dan waspada sepanjang hari serta mengatur pengeluaran energi anda.

  1. Membatasi pembicaraan tentang pekerjaan di rumah

Ketika anda berada di rumah, masalah pekerjaan hendaknya jangan terlalu sering dibahas maupun diungkit-ungkit. Karena itu akan menandakan bahwa anda peduli dan menghargai keluarga dibandng pekerjaan. Anda boleh saja membicarakan masalah pekerjaan namun harus menetapkan suatu waktu untuk membicarakan hal itu. Dirumah, selain untuk beristirahat anda juga dapat menghilangkan stres yang berhubungan dengan pekerjaan.

  1. Mencari karir baru atau posisi baru

Beberapa pekerjaan bisa sangat membuat anda merasa terbebani. Terutama apabila anda lebih banyak menghabiskan waktu untuk pekerjaan daripada kehidupan pribadi, maka lebih baik anda mencari karir baru ataupun posisi yang sekiranya tidak terlalu membebani sehingga waktu antara kehidupan pribadi dan pekerjaan dapat tercapai secara seimbang.

  1. Mengatur rencana untuk hang out dengan teman atau pasangan

Mengatur satu hari tertentu dalam satu minggu untuk keluar dengan teman atau pasangan sangatah penting. Karena anda juga perlu meluangkan waktu untuk bersenang-senang di luar jam kerja sehingga anda tidak akan merasa bosan. Sehari itu tidak ada agenda di atas meja yang berhubungan dengan pekerjaan serta pada saat jalan sebaiknya menghindari pembicaraan yang berhubungan dengan pekerjaan untuk mengurangi beban serta agar terhindar dari stres/depresi

  1. Prioritaskan tugas-tugas anda

Anda perlu untuk memilah dan memilah tugas-tugas yang penting dan dapat dilakukan terlebih dahulu. Jangan menyalahkan apabila ada pekerjaan yang terbengkalai begitu saja. Anda perlu membuat alternatif penyelesaian, misalnya apabila ada cucian menumpuk maka anda bisa mengirimkan cucian tersebut ke tempat loundry dll.

  1. Sisihkan waktu untuk diri sendiri

Meluangkan waktu untuk meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan merupakan hal yang penting. Sisihkan waktu untuk diri sendiri misalnya dengan cara melakukan aktivitas yang menarik minat anda atau melakukan hobi-hobi anda sehingga nantinya anda dapat menyeimbangkan kehidupan antara diri sendiri dengan pekerjaan. Gunakan waktu ini seefektif mungkin dan jadikanlah hari yang menyenangkan dengan melakukan berbagai aktifitas yang membuat anda merasa nyaman. Hal ini juga bertujuan agar fikiran anda tenang dan terbebas dari masalah pekerjaan.

  1. Matikan telepon atau log out e-mail yang berhubungan dengan pekerjaan

Pada waktu tertentu, jadikanlah hari anda terbebas dari berbagai macam tuntutan pekerjaan anda. Di saat anda harus fokus pada masalah pribadi kemudian ada telepon yang menuntut pekerjaan anda harus selesai saat itu juga atau diminta untuk melakukan pekerjaan tambahan oleh atasan, maka itu akan menambah beban fikiran saja.  Anda perlu mengambil setidaknya 15 menit atau setengah jam untuk jalan, mendengarkan musik, atau bahkan menulis dalam jurnal anda untuk menyelaraskan dan menyeimbangkan kehidupan  anda.

Nah, itulah beberapa tips yang perlu anda ketahui agar dapat menyeimbangkan antara pekerjaan yang begitu banyak atau berat dengan kehidupan pribadi yang anda jalani.

Sumber: Pecahbanget.com; Dummies.com; 30 Des 2015

Written by Jayanegara

Oke saya mulai serius di dunia persitusan ini hanya untuk mencari sedikit duit buat beli laptop atau smartphone. Biar gak keliatan gaptek lah.
Walaupun anak kuliahan cupu, ane tetep pengen pegang duit banyak coy. Udah gitu doang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *