8 Hal Yang Buat Kamu Hoki Saat Imlek

angpao mahal

Pecahbanget.com – Tahun Baru Imlek 2015 ini dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi rakyat Tiongkok tak lebih juga termasuk rakyat di Indonesia yang merayakannya. Mereka akan menyambut tahun baruimlek 2015 ini dengan melakukan berbagai ritual yang dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan. Salah satunya adalah mendekorasi rumah dengan berbagai ornamen imlek.

Salah satu contohnya yang paling mainstreem tentunya adalah meletakkan petasan di pintu rumah saat Tahun Baru Imlek yang diyakini mampu mengusir roh jahat atau keburukan yang akan datang menghampiri. Tidak hanya itu, hujan yang turun pada saat Tahun Baru Imlek ini juga memiliki makna membawa berkah bagi para petani. Sebab, sawah mereka akan mendapat banyak air dan menjadi subur.

Masih banyak hal lainnya yang diyakini bisa membawa keberuntungan di Tahun Baru Imlek. Tetapi, tidak hanya membawa keberuntungan, beberapa aktivitas yang dilakukan juga bisa menjauhkan diri Anda dari kata beruntung. Apa saja hal yang dapat mempengaruhi keberuntungan itu? Seperti yang dikutip liputan6.com dari SBS.com, berikut ulasannya.

 

1. Makan Bubur
Makan bubur di awal Tahun Baru Imlek bisa menjadi tanda buruk bagi yang melakukannya. Sebab, bubur dianggap makanan orang miskin dan jika memakannya Anda akan dianggap ingin menjadi orang miskin. Anda dianjurkan untuk memakan nasi karena akan mendatangkan hujan yang diyakini sebagai keberuntungan bagi rakyat Tiongkok.

 

2. Mencuci Rambut
Dalam bahasa Tiongkok, kata rambut sangat dekat dengan keberuntungan. Oleh karena itu, hari pertama saat Tahun Baru Imlek disarankan untuk tidak mencuci rambut karena sama saja Anda membiarkan semua keberuntungan pergi dari hidup Anda.

 

3. Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga
Melakukan kegiatan menyapu dan mencuci pada hari Imlek diyakini memiliki dampak yang tidak baik. Menyapu rumah saat Imlek sama saja menyapu bersih keberuntungan Anda. Selain itu, hindari juga melakukan kegiatan mencuci dalam dua hari pertama Tahun Baru Imlek.

 

4. Bernyanyi
Menyanyi dipercaya bisa mendatangkan hantu dan ini bisa membuat kondisi Anda menjadi buruk. Walaupun dalam sebuah perayaan sering diramaikan dengan nyanyian, tetapi jangan lakukan hal ini saat sedang merayakan Tahun Baru Imlek.

 

5. Memakai Pakaian Robek
Memang terdapat beberapa mode pakaian dengan beberapa bagian yang dirobek agar terlihat lebih modis. Namun, hindari menggunakan pakaian ini saat sedang merayakan Tahun Baru Imlek. Memotong baju dengan menggunakan benda tajam dapat melambangkan bahwa Anda memotong keberuntungan.

 

6. Memakai Pakaian Merah

Warna merah dianggap sebagai warna keberuntungan. Untuk itu, memakai pakaian dan aksesoris berwarna merah dipercaya dapat menumbuhkan keberuntungan di diri Anda.

 

7. Mengunjungi Teman dan Keluarga
Tradisi dari Tahun Baru Imlek adalah berkumpul bersama teman dan keluarga. Namun, ini bukanlah hanya sekedar tradisi, cara ini bisa membawa keberuntungan bagi yang melakukannya. Ini merupakan salah satu hal yang paling penting saat Tahun Baru Imlek.

 

8. Makan-makan
Jika Anda merayakan Tahun Baru Imlek di Jepang, Anda akan menemukan makanan mie soba. Menurut aturannya, jangan memotong mie ini saat sedang memakannya. Sebab, ini sama saja memotong umur panjang Anda. Makanlah mie tanpa memotongnya karena ini dipercaya dapat memberikan efek panjang umur bagi kehidupan Anda.

sumber: liputan6.com; pecahbanget.com; 19 Feb 2015

Written by JYN

Oke saya mulai serius di dunia persitusan ini hanya untuk mencari sedikit duit buat beli laptop atau smartphone. Biar gak keliatan gaptek lah.
Walaupun anak kuliahan cupu, ane tetep pengen pegang duit banyak coy. Udah gitu doang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *