6 Wanita Tunanetra yang Luar Biasa

Tunanetra atau yang lebih sering dikenal dengan istilah buta merupakan suatu kelainan atau cacat yang dialami oleh seseorang sehingga menyebabkan penderitanya mengalami gangguan penglihatan seperti kurang jelas dalam melihat ataupun tidak bisa melihat sama sekali.

Sering kali, penderita tunanetra mengalami beberapa gangguan secara mental berupa diskriminasi dari orang-orang yang disekitarnya dan terkadang mereka malah dianggap lemah karena keterbatasan yang dimilikinya. Padahal, setiap kekurangan yang dimiliki manusia, maka Tuhan akan membekali mereka kemampuan yang berbeda dimana manusia normal lainnya tidak memiliki kemampuan ini.

Di luar negeri, terdapat beberapa tunanetra yang membuktikan bahwa keterbatasan yang dimilikinya tidak membuat mereka terhalangi melakukan sesuatu yang mereka inginkan, mereka membuktikkan bahwa mereka benar-benar luar biasa. Malahan keberanian dan kemampuan yang dimiliki ini jauh lebih hebat dari manusia yang memiliki indra penglihatan yang normal.

Berikut ini 6 wanita tunanetra yang memiliki keberanian dan kemampuan luar biasa :

1. Stuntwoman Pertama

Stuntwoman Pertama
Menjadi seorang stuntwoman mungkin adalah pekerjaan yang tidak semua orang mau. Bukan hanya karena wajah tidak bisa muncul di kamera, tetapi seorang stuntwoman alias peran pengganti ini harus rela melakukan adegan aksi berbahaya yang tidak bakal dilakukan sang aktris pemeran aslinya. Namun, Helen Gibson bersedia melakukannya.
Wanita yang terlahir dengan nama Rose Wenger ini adalah stuntwoman profesional pertama yang ada dalam industri film. Yang membuat Helen luar biasa adalah karena dia seorang wanita tuna netra! Dia bahkan melakukan aksi rodeo di kawasan Midwest yang membuatnya berpetualang ke kawasan West Coast saat industri film masih berkembang.
Sepanjang hidupnya, Helen sudah berkarier sebagai stuntwoman selama 50 tahun di Hollywood. Helen memutuskan pensiun pada tahun 1962 saat dia berusia 69 tahun. Luar biasa kan?

2. Melintasi Niagara

Melintasi Niagara
Air terjun Niagara yang menjadi perbatasan alami Amerika Utara dan Amerika Serikat. Menjadi salah satu tujuan wisata terpopuler di dunia, Niagara memiliki debit air luar biasa yang menawarkan keindahan sekaligus kengerian. Pernah membayangkan berada di aliran air Niagara yang sangat deras di dalam tong kayu? Tentu saja itu akan mengerikan.
Namun hal mengerikan itu dilakukan oleh Annie Edson Taylor. Wanita tuna netra ini mencoba melintasi Niagara di dalam tong kayu saat ulang tahunnya yang ke-63 tahun pada 24 Oktober 1901 silam. Atas keberaniannya itu, sejauh ini Annie tidak hanya dianggap sebagai wanita pertama melainkan orang pertama yang melintasi Niagara dengan bermodalkan tong kayu.

3. Ditembak Dari Meriam

Ditembak Dari Meriam
Zazel adalah nama panggung untuk wanita tuna netra bernama Rossa Matilda Richter. Lepas dari kekurangan indera penglihatannya, Zazel adalah manusia pertama yang diketahui pernah dilontarkan dari sebuah meriam sehingga disebut sebagai cannon woman!
Aksi mengerikan Zazel pertama kali dilakukan pada 10 April 1877 di Royal Aquarium, London, saat dia masih berusia 14 tahun! Tak banyak orang yang berani dan bersedia dilemparkan begitu saja ke udara oleh meriam. Namun Zazel sangatlah berani karena bersedia terlontar mencapai 6,1 meter.
Namun aksi Zazel ini juga membuat dirinya harus menderita karena saat menggelar tur  bersama PT Barnum, Zazel membuat punggungnya patah yang mengakhiri kariernya. Menurut Wikipedia, sejauh ini ada 30 manusia meriam yang telah meninggal karena gagal mendarat di jaring pengaman. Cukup mengerikan juga ya aksinya.

4. Pembalap Motocross

Pembalap Motocross
Dua balap motocross selama ini memang identik dengan para pria tangguh dengan indera penglihatan yang lengkap. Namun wanita tuna netra bernama Jolene Van Vugt ini membuktikan bahwa dirinya mampu bersinar di antara pria-pria ‘normal’ tersebut. Bahkan dia adalah satu-satunya wanita dalam program sirkus TV, Nitro Circus.
Karena bakatnya beratraksi di atas motocross, Jolene memegang rekor dunia sebagai wanita pertama yang bisa melakukan aksi jungkir balik di udara dengan sebuah motor trail yang besar. Selama di Nitro Circus, Jolene adalah yang terfavorit di kalangan penonton. Jolene mampu membuktikan bahwa sekali lagi, orang-orang buta bahkan bisa memiliki kelebihan yang jauh lebih istimewa dibandingkan mereka yang dianggap normal.

5. Menyebrang Dengan Tali

Menyebrang Dengan Tali
Bahkan orang yang dikaruniai indera penglihatan lengkap mungkin tidak akan pernah bisa memiliki keberanian seperti Maria Spelterini. Wanita tuna netra asal Italia ini mungkin adalah sosok Daredevil nyata yang begitu percaya diri. Bagaimana tidak, saat masih berusia 23 tahun, Maria mencoba melintasi ngarai sungai Niagara yang curam.
Mungkin kalau hanya sekedar menyeberangi lewat jembatan kamu juga bisa. Namun Maria menyeberangi Niagara dengan seutas tali yang dibentangkan begitu saja! Dengan kekurangannya yang tak bisa melihat, Maria justru tampak tenang sekali menyeberang di tali yang mengerikan itu dengan bantuan sebatang tongkat untuk menjaga keseimbangannya. 
Sungguh, Maria tak cuma satu kali melakukan atraksi berbahaya yang mungkin kamu saja enggan melakukannya.

6. Terjun Bebas Massal di Udara

Terjun Bebas Massal di Udara
Salah satu olahraga pemacu adrenalin yang membutuhkan fisik dan keberanian maksimal adalah terjun bebas. Yap, olahraga ini menuntutmu untuk cekatan membaca situasi mulai dari saat kamu terjun dari pesawat, melayang-layang di udara sampai melihat daratan dan siap untuk mendarat dengan aman.
Namun sekelompok wanita tuna netra ini ingin membuktikan bahwa orang-orang buta juga bisa menjadi seorang penerjun bebas yang sangat istimewa. 30 November 2013 di kawasan Eloy, Arizona, sekitar 63 wanita tuna netra dari 18 negara berkumpul bersama-sama mengejutkan dunia dengan atraksi terjun bebas di udara. 

Sungguh, siapa yang kini memandang orang buta dengan sebelah mata harus lebih sadar karena tuna netra bisa menjadi sosok yang lebih luar biasa daripada mereka yang normal. 

sumber: baguseven.blogspot.com; pecahbanget.com; 20 Agustus 2014

Written by JYN

Oke saya mulai serius di dunia persitusan ini hanya untuk mencari sedikit duit buat beli laptop atau smartphone. Biar gak keliatan gaptek lah.
Walaupun anak kuliahan cupu, ane tetep pengen pegang duit banyak coy. Udah gitu doang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *