5 Penyakit Mematikan Akibat Suka Begadang

Dampak-Begadang

Pecahbanget.com – Begadang adalah berjaga tidur sampai larut malam. Bagi sebagian orang aktivitas ini memang menyenangkan. Banyak mereka yang begadang hanya untuk kumpul-kumpul bersama teman, atau untuk mengerjakan tugas dan pekerjaan, dan masih banyak lagi alasan orang-orang untuk tetap begadang.

Mungkin menurut mereka merupakan hal yang kecil, namun perlu kamu ketahui bahwa terlalu sering begadang dapat merusak kesehatan kamu loh. Selain berbagai penyakit yang akan timbul karena sering begadang, begadang juga dapat merusak fungsi otak kamu loh.

Jadi, jangan pernah sepelekan masalah begadang ini. Mungkin saja hal sepele bisa berakibat fatal untuk kesehatan kamu.

Nah, berikut ini ada beberapa masalah kesehatan yang disebabkan oleh kesering begadang, seperti yang dikutip Merdeka.com

1. Penyakit jantung
Penyakit jantung memang disebabkan oleh banyak hal, namun perlu kamu ketahui bahwa penyakit jantung jug disebabkan karena sering tidur larut loh. Seseorang yang sering begadang, merupakan salah satu orang yang rentan terkena penyakit jantung. Jadi, pikir-pikirlah dulu sebelum ingin tidur larut.

2. Tekanan darah tinggi
Darah tinggi sering disebabkan karena stres yang terlalu tinggi. Orang yang sering begadang pasti akan kekurangan waktu tidur, jika waktu tidur mereka berkurang maka pikiran menjadi stres dan dapat memicu tekanan darah tinggi yang kronis.

3. Stroke
Seseorang yang sering begadang, berarti akan memiliki waktu tidur yang kurang. Kurangnya waktu untuk tidur atau beristirahat sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh, terutama untuk kesehatan jantung. Kurangnya tidur akan memberikan tekanan pada jantung, sehingga dapat menyebabkan terjadinya stroke.

4. Menurunkan sistem kekebalan tubuh
Orang yang sering kekurangan tidur akan mengahancurkan sel darah putih yang sangat berperan penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Jika sel darah putih tersebut dihancurkan maka, sistem kekebalan tubuh akan menurun, sehingga berbagai penyakit pun akan dengan mudah menyerang tubuh.

5. Sakit kepala
Seseorang yang sering tidur larut ini akan sering mengalami sakit kepala yang disebabkan karena kekurangan waktu beristirahat. Kekurangan tidur ini lama kelamaan akan merusak sel otak dan membuat masalah pada kepala. Jika dibiarkan, maka akan menimbulkan masalah yang cukup berbahaya.

Nah, itulah dia ke lima masalah kesehatan yang disebabkan oleh begadang. Jika kamu termasuk orang yang suka melakukannya, sebaiknya kamu tidak melakukannya itu lagi, atau kamu menginginkan penyakit diatas menyerang tubuh kamu.

sumber: merdeka.com; pecahbanget.com; 05 Apr 2015

Written by JYN

Oke saya mulai serius di dunia persitusan ini hanya untuk mencari sedikit duit buat beli laptop atau smartphone. Biar gak keliatan gaptek lah.
Walaupun anak kuliahan cupu, ane tetep pengen pegang duit banyak coy. Udah gitu doang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *