5 Kota Di Dunia Berikut Disebut Kota “Mati”

kota

Pecahbanget.com – Beberapa film Hollywood menggambarkan bagaimana sebuah kota yang tadinya ditinggali menjadi sangat menyeramkan saat seluruh penduduknya pergi karena satu dan lain sebab. Ternyata, kota mati itu tidak hanya ada di film saja. Fenomena ini benar-benar terjadi di dunia nyata.

Kota mati, begitu biasanya orang menyebut sebuah kota yang tidak ada penduduknya. Beragam sebab yang membuat sebuah kota menjadi kota mati, misalnya karena bencana alam, krisis ekonomi dan sebagainya.

Kota mati ini adalah tempat aneh tetapi sekaligus menarik. Aneh, karena Anda akan melihat bangunan-bangunan yang biasanya ditempat orang tetapi ternyata tidak. Menarik, karena dengan melihat kota mati tersebut Anda bisa membayangkan bagaimana tata sosial kota ini saat masih ada penduduknya. Berikut adalah beberapa kota mati di penjuru dunia seperti yang dikutip dari liputan6.com

 

1. Beichuan, Cina
Beichuan, Cina
Dilanda gempa bumi Sichuan tahun 2008, kota Beichuan menjadi salah satu kota mati di zaman modern. Saat terjadi gempa dahsyat tersebut, 1000 orang meninggal di sekolah tinggi Beichuan. Daerah ini dianggap terlalu rentan untuk dibangun kembali sehingga dibiarkan begitu saja. Beberapa bangunan memang masih berdiri, tapi yang hancur lebih banyak, dan akhirnya kota ini dibiarkan apa adanya dan dijadikan museum terbuka dari gempa.

 

2. Hashima Island (Gunkanjima), Jepang
Hashima Island (Gunkanjima), Jepang
Pulau Hashima Dikenal sebagai Gunkanjima atau pulau kapal perang karena kemiripan bentuknya. Pulau Hashima adalah salah satu tempat paling penting untuk mellihat perkembangan perkotaan di Jepang. Pulau Gunkanjima dibeli oleh Mitsubishi tahun 1890 untuk tempat pertambangan batu bara. Diisukan, terjadi praktik kerja yang tidak manusiawi di pulau ini. Akhirnya, saat pertambangan bangkrut, Daerah ini pun ikut ditinggalkan oleh seluruh penduduknya.

 

3. Kowloon Walled City, Hong Kong
Kowloon Walled City, Hong Kong
Tidak jelas betul mengapa Kowloon Walled City di Hongkong ini menjadi Daerah mati sejak tahun 1994. Tetapi, diindikasikan karena kota ini terlalu tidak manusiawi karena hanya memiliki luas 6,5 hektar tetapi ditinggali oleh lebih dari 33 ribu orang. Meskipun telah menjadi kota mati, kabarnya saat ini Kowloon Walled City telah menjadi sarang kejahatan dan dikendalikan oleh Triad, organisasi mafia yang cukup besar di Hong Kong.

 

4. Centralia, Pennsylvania, AS
Centralia, Pennsylvania, AS
Centralia bisa dibilang merupakan Daerah mati paling terkenal di Amerika. Bahkan, kota ini dijuluki sebagai ‘kota hantu yang modern’. Centralia awalnya memiliki fasilitas yang lengkap, termasuk 7 gereja dan 26 salon. Kegiatan ekonomi utama kota ini adalah pertambangan. Kota ini akhirnya ditinggalkan sejak terjadi kebakaran hebat di areal tambang tahun 1962.

 

5. Humberstone and Santa Laura Saltpeter Works, Chile
Humberstone and Santa Laura Saltpeter Works, Chile
Humberstone and Santa Laura Saltpeter Works awalnya merupakan kilang nitrogen di Chili bagian utara yang didirikan pada tahun 1872 oleh Guillermo Wendell Nitrat Ekstraksi Company.

Daerah ini menjalankan kegiatannya seperti biasa sampai kemudian Depresi Besar tahun 1929 menghancurkan semuanya. Daerah ini akhirnya benar-benar ditinggalkan tahun 1960.

sumber: liputan6.com; pecahbanget.com; 21 Jan 2015

Written by JYN

Oke saya mulai serius di dunia persitusan ini hanya untuk mencari sedikit duit buat beli laptop atau smartphone. Biar gak keliatan gaptek lah.
Walaupun anak kuliahan cupu, ane tetep pengen pegang duit banyak coy. Udah gitu doang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *