10 Tips Ampuh Mengatasi Susah Tidur (Insomnia)

Cara Mengatasi Susah Tidur Malam Hari Insomnia

Pecahbange.com – Susah tidur sering dialami seorang yang beranjak dewasa. Tak terkecuali para mahasiswa. Hal ini membuat aktivitas mereka keesokan harinya sangat tidak fokus karena kekurangan tidur. Namun bagaimana cara ampuh mengatasinya? Berikut ada 10 tips sederhana bagaimana seseorang agar mudah tidur dimalam hari dan tidak terkena insomnia yang pecahbanget.com ambil dari sumber daftarmenarik:

1  Hindari Kafein
Cara ini cukup jitu untuk mengatasi masalh tidur dimalam hari, karena sifat kafein yang memicu kerja jantung dapat memberikan efek anda sulit tidur. jadi baiknya anda menghindari meminum yang berkafein dimalam hari setelah jam 9 ke atas.

 2  Kurangi Sayuran
Memang baik untuk mengkonsumsi sayuran setiap hari, namun ada juga hal yang kurang baik karena efeknya. Dimana sayuran akan merangsang tubuh untuk selalu meningkatkan metabolism sehingga anda lebih cepat BAK atau BAB. Cobalah untuk mengurangi asupan sementara waktu jika anda kesulitan untuk tidur di malam hari

 3  Minumlah air hangat
Dengan air hangat badan akan terasa lebih rileks untuk memperlancara peredaran darah ke seluruh tubuh. Dengan begitu anda dapat tidur dengan nyenyak. Anda juga bisa mencampurkanya dengan susu atau the maupun lainya, tapi saran terbaik yaitu cukup air putih yang hangat saja.

 4  Batasi jam tidur siang
Biasanya bila anda tidak ada kegitan saat jam – jam siang, akan lebih cenderung pada aktivitas istirahat. oleh karena itu, cobalah untk mengurangi atau meminimalisir tidur siang 1-3 jam saja. Sehingga ketika malam tiba anda dapat tidur lebih nyaman.

 5  Kurangi kelelahan berlebih
Ternyata salah satu diantara cara mengatasi susah tidur adalah dengan mengurangi aktivitas berlebih. Akibat dari kegiatanya yang menguras tenaga akan berefek pada ketidaknyamanan anda saat tidur sehingga anda akan sulit memejamkan mata. Mungkin sebelum tidur anda bisa melakukan relaksasi seperti pemijatan pada bagian – bagian tertentu untuk merelaksasikan diri.

 6  Hindari Stress
Pemikiran atau khawatiran akan menimbulkan stress berat dan mengakibatkan anda susah tidur di malam hari. Baiknya ketika anda mendapatkan masalah, akan lebih jika menenangkan diri dahulu entah itu mendengarkan musik, bermain game atau curhat kepada sahabat anda, sehingga pada saat anda menjelang tidur dimalam hari tidak terpikirkan lagi.

 7  Jangan makan makanan berlemak
Sebisa mungkin bila anda mengalami susah tidur dimalam hari, hindari makan makanan berlemak tinggi. karena hal ini akan mengakibatkan asam lambung meningkat untuk bekerja lebih berat dalam menghancurkan makanan tersebut dan otomatis tidur anda akan terganggu.

 8  Konsumsi protein
Dengan anda lebih banyak mengkonsumsi protein maka secara tidak langsung organ pencernaan anda lebih mudah dalam mencerna makanan sehingga disaat malam hari organ – organ andapun dapat lebih tenang dan anda dapat tertidur dengan pulas, daripada anda mengkonsumsi daging merah karena terlalu banyak serat dan lemak tinggi.

 9  Pikirkanlah hal – hal indah
Cara ini juga efektif dan merupakan satu dari Cara Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari. Dengan memikirkan hal – hal indah akan memicu saraf – saraf bagian otak untuk tenang. Seperti misalnya memikirkan sedang di pantai, bersama pacar, berada ditengah – tengah taman yang indah atau lainya

 10  Jangan meliat jam dinding
Jika anda mempunayi jam dinding di kamar tidur anda, sebaiknya taruhlah pada tempat dimana anda tidak memandanginya setiap kali ingin tidur. Cukup memasang alarm pada jam beker disebelah tempat tidur anda saja. Dengan begitu anda tidak akan menghitung mundur sisa waktu tidur anda. Jangan anggap sepele untuk masalah ini!

sumber: daftarmenarik.com; pecahbanget.com; 16 Jan 2015

Written by JYN

Oke saya mulai serius di dunia persitusan ini hanya untuk mencari sedikit duit buat beli laptop atau smartphone. Biar gak keliatan gaptek lah.
Walaupun anak kuliahan cupu, ane tetep pengen pegang duit banyak coy. Udah gitu doang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *