10 Penemuan Astronomi Paling Berpengaruh Sepanjang Masa

Ilmu pengetahuan tidak muncul begitu saja, tetapi ada perkembangan dan penemuan tokoh-tokoh yang berkonstribusi dalam perkembangan ilmu pengetahuan tersebut. Termasuk pada ilmu astronomi. Telah banyak penemuan dalam ilmu astronomi bahkan sejak bertahun-tahun yang lalu. Apa saja penemuan astronomi yang paling berpengaruh?

Ini dia 10 penemuan astronomi paling berpengaruh di dunia mulai dari urutan kesepuluh hingga pertama:

10. GERAKAN BINTANG DAN PLANET

movement-stars-and-planets

Beberapa ribu tahun yang lalu berbagai bangsa di dunia yang memiliki peradaban tinggi seperti Babilonia, Mesir, Yunani, India, China , Maya dan Persia sudah memulai sejarah astronomi yang menarik. Salah satu hal yang terpenting dari perkembangan astronomi zaman itu adalah pergerakan bintang dan planet.

Penemuan bangsa-bangsa tersebut telah meletakkan dasar astronomi modern. Kesadaran bahwa bintang-bintang di langit mengikuti pola tetap, pola yang terprediksi, bersama dengan penemuan planet yang melalui jalur masing-masing, adalah konsep dasar astronomi. Dan juga berpengaruh pada bidang astrologi, 2 bidang studi yang berkaitan.

 

9. HELIOSENTRIS

heliocentric-model

Para astronom telah berspekulasi tentang heliosentris (gagasan bahwa bumi berputar mengelilingi matahari, bukan sebaliknya) sejak zaman kuno, tetapi pada tahun 1543 Copernicus adalah orang pertama yang benar-benar menunjukkan perhitungan matematika tentang gagasan itu, untuk membuktikan bahwa konsep itu benar.

Butuh waktu cukup lama untuk agar konsep Copernicus diterima secara universal. Akhirnya hal itu membentuk dasar dari sebuah revolusi ilmiah.  Ada banyak masalah yang disebabkan oleh model geosentris lama, sulit untuk membuat perhitungan akurat jika manusia berpikir Bumi tidak bergerak, sehingga terjadi perubahan besar di bidang astronomi ketika orang menngetahui matahari adalah bintang.

Selain itu, penemuannya membuat kita merasa bodoh sekali berpikir kita adalah pusat alam semesta . Terima kasih banyak, Copernicus.

 

8. HUKUM KEPLER

elliptical-movement-discovery

Pada 1609, seorang astronom Jerman bernama Johannes Kepler mengatakan kepada dunia bahwa planet bergerak mengelilingi matahari pada rute elips, bukan dalam lingkaran sempurna seperti yang umum diyakini.
Lho, apa pentingnya kalau kita tahu bahwa lintasan planet itu elips, bukan lingkaran?

Gerakan elips berarti menentukan jarak antara matahari dan perubahan-perubahan posisi planet dari waktu ke waktu, dan itu adalah suatu hal yang sangat penting untuk diketahui jika kita ingin mengetahui seberapa jauh planet dan seberapa cepat planet bergerak (lebih dekat untuk matahari, semakin cepat bergerak).

Berkat hukum Kepler, astronom mampu memprediksi gerakan planet dengan tingkat akurasi yang jauh lebih tinggi daripada sebelumnya.

 

7. BULAN DI JUPITER

moons-of-jupiter

Galileo, ilmuwan yang menggunakan teleskop mewah dia menemukan empat bulan yang mengorbit di planet Jupiter pada tahun 1610.

Keempat bulan itu adalah empat satelit pertama yang ditemukan di planet selain bumi, hal ini membuat mereka sebagai penemuan yang cukup penting.

Ingat ketika kami menyebutkan bahwa butuh waktu beberapa agar heliosentris dapat diterima?

Penemuan Galileo adalah bagian paling penting dari bukti-bukti yang disajikan untuk mendukung teori Copernicus tentang benda langit yang mengorbit selain Bumi. Intinya, Galileo membuktikan bahwa planet lain selain bumi ada yang punya bulan, dan dalam kasus ini semakin jelas bahwa kita tidaklah istimewa.

 

6. PETA HERSCHEL

herschels-map

Pada tahun 1780-1834, pembuat teleskop William Herschel dan adiknya Caroline secara sistematis memetakan langit, mengelompokkan ribuan bintang dan nebula dalam prosesnya.

Membuat peta nyaris tidak dianggap sebagai penemuan, namun apa yang dilakukan Herschel sangatlah penting, karena ketika selesai, terungkap bentuk dan ukuran galaksi Bima Sakti.
Ternyata galaksi bima sakti jauh lebih besar daripada yang diperkirakan sebelumnya, berbentuk cakram, dan matahari kita sendiri terletak di dekat pusatnya. Peta Herschel Meluruskan banyak kesalahpahaman tentang sudut kecil letak bumi di alam semesta.

 

5. TEORI RELATIVITAS

theory-of-relativity

Albert Einstein, seorang ilmuwan Jerman , mengusulkan teori relativitas pada tahun 1915. Kesimpulannya, teori itu menyatakan bahwa massa dapat mempengaruhi ruang dan waktu. Sehingga memungkinkan benda bermassa besar seperti bintang dapat membelokkan cahaya.

Einstein berpendapat tentang gerak yang relatif, dan bahwa konsep waktu tergantung pada kecepatan. Ini adalah cara berpikir baru yang digunakan untuk menjelaskan berbagai masalah astronomi yang telah tidak mungkin untuk dipecahkan menggunakan metode Newton, dan memberikan cara-cara baru astronom teorisasi tentang bagaimana alam semesta bekerja.

 

4. ALAM SEMESTA MENGEMBANG (MELUAS)

alam semesta mengembang

Edwin Hubble memberidunia astronomi sebuah kemajuan pengetahuan antara 1924 dan 1929. Bukan saja karena ia yang pertama kali menemukan galaksi lain, tetapi saat melacak gerakan mereka dia menemukan bahwa mereka bergerak cepat menjauhi kita. Itu adalah bukti pertama bahwa alam semesta mengembang.

Penemuan pertama Hubble mengubah konsepsi kita tentang ukuran alam semesta. Penemuan yang kedua menawarkan dukungan besar bagi teori Big Bang, yang merupakan ide terbaik yang kita miliki tentang bagaimana alam semesta lahir.

3. RADIO ASTRONOMI

radio-astronomy

Ingat ketika radio menyemarakkan dunia hiburan pertama kali? Tentu saja tidak, karena Anda tidak berusia 80 tahun. Tetapi dalam dunia astronomi, radio masih penting sekarang, berkat penemuan oleh Karl Jansky pada tahun 1931.

Percobaannya dengan gelombang radio membuat dia menemukan sinyal yang datang dari pusat galaksi, dan dia dianggap sebagai bapak pendiri radioastronomi sedunia.

Para ilmuwan yang menindaklanjuti penemuan Jansky menemukan bahwa ada berbagai macam gelombang radio datang dari luar angkasa, dan sebagian besar dari mereka berasal benda-benda langit yang tidak bisa dilihat dengan metode lain. Radio astronomi mengakibatkan penemuan banyak bintang dan galaksi, serta nama objek baru seperti quasar dan pulsar.

 

2. RADIASI LATAR BELAKANG GELOMBANG PENDEK KOSMIK

cosmic-microwave-background-radiation

Ini adalah penemuan sepasang astronom, Arno Penzias dan Robert Wilson, yang menemukan radiasi latar belakang gelombang mikro kosmik  atau dalam bahasa Inggris disebut Cosmic Microwave Background Radiation (CMBR) pada tahun 1964.
CMBR adalah jenis radiasi yang hadir dalam jumlah yang sangat kecil di seluruh ruang angkasa, dan dipercaya menjadi sisa dari ketika alam semesta berada dalam tahap kelahiran yang sangat awal. CMBR menawarkan bukti untuk mendukung teori Big Bang.  Idenya adalah bahwa radiasi ini telah hadir sejak Big Bang, dan telah menyebar keluar sejak alam semesta mengembang (lihat nomor empat dalam daftar).
Penemuan itu  untuk mengubah ide Big Bang dari konsep yang diragukan menjadi konsep penjelasan yang paling masuk akal tentang asal usul semesta. Penzias dan Wilson memenangkan Hadiah Nobel untuk pekerjaan mereka.

 

1. PLANET EKSTRASOLAR

extra solar planets

Planet ekstrasolar adalah planet yang ada di luar tata surya kita, dan astronom percaya akan keberadaan mereka untuk waktu yang sangat lama.
Hal itu benar – benar terbukti pada tahun 1995 ketika para astronom Swiss, Didier Queloz dan Michel Mayor menemukan sebuah planet di konstelasi Pegasus mereka sebut sebagai 51 Pegasi-b.
Tidak hanya itu Queloz dan mayor menggunakan metode yang sama untuk menemukan lebih banyak Planet.
Hampir 500 planet ekstrasurya sekarang diketahui ada, dan itu hanya permulaan. Mungkin seiring waktu dengan semakin banyaknya planet yang ditemukan, suatu saat kita akan menemukan planet yang dihuni oleh Alien yang cantik dan seksi,

sumber : blog[zandersd]

 

Incoming search terms:

  • penemuan astronomi dunia
  • Penemuan baru dunia astronomi
  • penemuan IAU dalam ilmu astronomi
  • penemuan terbaru astronomi
  • perkembangan penemuan astronomi

Written by Aziz Gigi

Nama saya Aziz. Saya anak juragan tembakau. Saya ganteng dan disukai banyak wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *