10 Makanan yang Dapat Menambah Massa Otot

Pecahbanget.com – Bagi anda yang menginginkan massa otot yang ideal, maka sering melakukan latihan merupakan hal yang sangat penting. Olahraga yang teratur akan merangsang otot anda menjadi besar. Namun, latihan yang teratur saja tidak akan cukup. Anda juga perlu mengkonsumsi makanan yang tepat. Makanan yang anda makan segera setelah latihan memiliki dampak besar dalam menambah massa otot.

Untuk menambah massa otot dan menghilangkan lemak, anda perlu mengikuti rencana diet yang ketat. Anda harus menyertakan beberapa makanan yang mengandung protein, karbohidrat dan lemak. Nutrisi lain yang anda butuhkan untuk menambah massa otot adalah makanan yang mengandung magnesium, kalium, tembaga, selenium, kalsium, zat besi dan vitamin yang berbeda. Berdasarkan lansiran laman di top10homeremedies.com, ada 10 makanan yang dapat menambah massa otot :

  1. Telur telur

Putih telur mengandung protein yang berkualitas tinggi dengan 9 asam amino esensial yang dibutuhkan untuk pemulihan otot serta mineral seperti kalsium, seng, dan besi. Sedangkan kuning telur merupakan sumber vitamin, termasuk A, E, K dan berbagai vitamin B seperti B12, riboflavin, dan asam folat. Semua nutrisi ini penting untuk mempercepat metabolisme dan mengubah lemak menjadi energi. Anda dapat mengkonsumsi telur satu atau dua telur setiap hari untuk membangun otot sehingga tetap sehat.

  1. Dada Ayam dada ayam

Dada ayam merupakan sumber protein tanpa lemak yang mudah disintesis untuk memperbaiki jaringan otot dan sel-sel lain yang rusak selama anda melakukan latihan keras. Selain itu, dada ayam juga memiliki sejumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh binaraga seperti niasin, vitamin B6, zat besi, selenium, dan seng.

  1. Susu susu

Susu memiliki dua protein berkualitas tinggi yaitu whey protein dan kasein. Whey protein cepat dipecah menjadi asam amino dan dapat diserap ke dalam aliran darah. Sementara kasein memberikan pasokan protein yang lebih sedikit namun bertahan dalam jangka waktu yang lama. Susu sarat dengan vitamin dan mineral, karbohidrat yang baik dan lemak yag dibutuhkan tubuh untuk membangun massa otot. Beberapa penelitian menyarankan minum susu cokelat pasca latihan karena memiliki rasio karbohidrat yang ideal.

  1. Salmon ikan salmon

Ikan terutama salmon diangap sebagai makanan terbaik untuk menambah massa otot. Salmon juga dapat membakar lemak karena adanya kombinasi dari omega 3, vitamin B, dan protein kualitas tinggi.  Selain itu, kandungan  nutrisi lain seperti magnesium, selenium, kalsium dan zat besi yang membantu membangun otot, perbaikan dan pemulihan.

  1. Kinoa kinoa

Kinoa merupakan sejenis sereal yang tinggi protein dan rendah kalori. Protein yang terkandung terdiri dari sembilan asam amino esensial, yang berarti itu adalah protein lengkap yang akan membantu membangun otot dan perbaikan.

  1. Kacang-kacangan kacang-kacangan

Kacang-kacangan dari berbagai jenis merupakan makanan yang bergizi karena mengandung protein, karbohidrat kompleks dan serat. Protein membantu untuk membangun dan mempertahankan kekuatan otot. Serat sangat penting untuk respon insulin yang membantu dalam penyerapan dan penggunaan berbagai zat gizi. Karbohidrat kompleks menyediakan pasokan energi.

  1. Bayam sayur bayam

Para peneliti di Rutgers University (2008) menemukan bahwa phytoecdysteroids yang terkandung dalam bayam membantu meningkatkan pertumbuhan otot hingga 20 persen. Juga kalsium dalam bayam membantu mengendurkan otot-otot untuk mencegah kram selama pelatihan. Selain itu, kandungan zat besi yang penting untuk membangun otot. Sayuran hijau ini juga mengandung l-glutamin dan asam amino yang penting ketika terjadi kontraksi otot. Hal ini membantu meningkatkan tingkat metabolisme anda, meningkatkan tingkat energi anda dan membakar lebih banyak lemak. Untuk memaksimalkan nilai gizi pada bayam hendaknya mengkonsumsi bayam dengan di jus secara mentah atau dibuat sebagai salad.

  1. Biji Rami biji rami

Biji rami mengandung banyak nutrisi yang penting untuk mengurangi lemak tubuh dan membangun otot. Biji rami adalah salah satu sumber tanaman terbaik dari omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan. Mengurangi peradangan dalam tubuh adalah hal penting ketika membangun otot. Ini berarti otot-otot tidak akan sakit setelah latihan intens dan tubuh akan mampu menyembuhkan otot lebih cepat.

Buji rami kaya serat membantu meningkatkan energi dan meningkatkan stamina. Salin itu juga merupakan sumber protein yang lengkap, mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh anda.Menggiling biji rami untuk mendapatkan manfaat yang paling banyak. Ambil satu sendok makan biji rami tanah dicampur dengan yoghurt atau susu sebelum tidur. Biji rami juga dapat dimakan dalam salad, sereal, sup, smoothies dan protein shake.

  1. Almond kacang almond

Protein, serat dan vitamin E dalam kacang almond bermanfaat untuk otot-otot Anda. Antioksidan dalam almond membantu melawan radikal bebas dan membantu pulih lebih cepat setelah latihan Anda. Almond juga mengandung energi dan meningkatkan mangan dan tembaga. Almond bahkan dapat membantu anda membakar lemak dan menurunkan risiko kolesterol tinggi dan penyakit jantung. Makan satu atau dua porsi almond per hari. Satu porsi adalah satu ons (segenggam almond atau 24 almond). Sebaiknya almond direndam kemudian dipanggang. Jangan makan almond goreng agar dapat meningkatkan asupan kalori anda.

  1. Ubi jalar ubi jalar

Ubi jalar dianggap cocok untuk binaraga karena kaya serat, kalium dan vitamin. Dalam ubi jalar terkandung karotenoid, vitamin B6, C, E, D, zat besi, tembaga, magnesium, dan quercetin yang penting untuk tubuh dalam membantu mengontrol nafsu makan, membakar lemak, dan menjaga pencernaan. Selain itu, untuk memaksimalkannya haruslah minum banyak air sepanjang hari karena tubuh terdiri dari 70% air sementara jaringan otot terdiri dari 75 % air. Nah hal ini penting untuk membantu meningkatkan kekuatan, menjaga energi, dan membantu pencernaan.

Itulah beberapa makanan yang dapat membantu anda untuk menambah massa otot.

Sumber: Pecahbanget.com; top10homeremedies.com; 28 Des 2015

Written by Jayanegara

Oke saya mulai serius di dunia persitusan ini hanya untuk mencari sedikit duit buat beli laptop atau smartphone. Biar gak keliatan gaptek lah.
Walaupun anak kuliahan cupu, ane tetep pengen pegang duit banyak coy. Udah gitu doang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *