10 Ikan Raksasa Berwajah Aneh yang Nyaris Punah

Ada begitu banyak jenis ikan yang tersebar di dunia. Mulai dari yang kelas teri hingga paus. Di antara ikan-ikan itu, banyak yang berbentuk unik dan berbeda dari jenis ikan lainnya. Seperti ikan- ikan raksasa berwajah aneh di bawah ini. Namun, ikan-ikan berukuran superjumbo alias ikan raksasa seantero dunia jumlahnya terus berkurang. Sungai Amazon di Amerika Selatan dan Sungai Mekong yang melintas di enam negara; China, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja dan Vietnam; menjadi lokasi utama ikan-ikan punah raksasa dan ‘berwajah aneh’ itu.Ikan-ikan yang masuk dalam daftar ukuran jumbo dan punah itu yakni.
1. Dog-Eating Catfish
Ikan raksasa yang dari keluarga lele ini dijuluki sesuai namanya, pemakan daging anjing. Pada zaman dulu, ikan raksasa berkumis ini dipancing warga sekitar Sungai Mekong dengan umpan daging anjing.
dogeating-catfish
2. Ikan Mas raksasa atau Giant Carp
Ikan Mas raksasa ini dulu kerap ditemui di Sungai Mekong bagian Thailand. Ikan berbobot sekitar 600 pon ini merupakan salah satu jenis yang mengalami jumlah penurunan populasi yang drastis di Asia Tenggara.
3. White Sturgeon
Telur ikan ini merupakan makanan mewah kelas atas, telur kaviar. Ikan raksasa ini disebut-sebut hidup lebih lama dari dinosaurus. Populasinya di laut pasifik bagian barat daya dan Kanada semakin berkurang.

4. Hiu Gergaji
Ikan raksasa ini merupakan gabungan hiu dan gergaji, sesuai namanya. Ikan laut ini kerap menyangkut di jaring nelayan, maka itu jumlahnya terus menurun.

5. Pari raksasa
Ikan pari ini pernah ditangkap seorang nelayan di Sungai Mekong wilayah Kamboja. Seperti ‘koleganya’ di laut, ikan raksasa ini tetap berbahaya dan mematikan.

6. Arapaima gigas
Ikan berukuran luar biasa jumbo ini masih ‘keluarga jauh’ ikan arwana. Di Taman Akuarium Air Tawar (Taman Mini Indonesia Indah) dan Sea World, Ancol, Jakarta Utara, ikan ini masih dijumpai.

7. Lele rakasa
Ikan raksasa ini pernah dijuluki sebagai ikan air tawar raksasa terbesar.

8. River Yeti
Yeti merupakan julukan monster bigfoot di Amerika. Nah, ikan raksasa ini dianalogikan seperti sesosok monster. Ikan yang juga memiliki nama Bagarius yarrelli pernah menghebohkan warga karena menelan manusia.

9. Chinese Paddlefish
Ikan gajah raksasa ini juga memiliki nama China Swordfish. Secara resmi pemerintah Cina telah melarang penangkapannya, baik besar ataupun kecil sejak tahun 1983. ikan ini memiliki wajah yang tampak sedih.

10. Alligator fish
Ikan jenis ini berpenampilan mirip buaya atau aligator. Jelek. Tetapi merupakan salah satu ikan dengan harga yang tinggi di pasaran. Untuk ukuran kecil ikan jenis ini kerap digandrungi di pasar ikan hias.
Ikan raksasa di atas sangat unik dan merupakan bagian dari keanekaragaman hayati. Sayang sekali jika ikan raksasa tersebut punah. Meski berwajah aneh, tetap saja perlu kita lestarikan keberadaannya dan kita jaga dari kepunahan. Oleh karena itu, marilah kita jaga habitat ikan dari pencemaran lingkungan.
Sumber : tkfc96.blogspot.com

Written by Aziz Gigi

Nama saya Aziz. Saya anak juragan tembakau. Saya ganteng dan disukai banyak wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *