10 Desain Logo Mobil yang Terbaik di Dunia

Logo adalah hal yang penting bagi produsen industri. Termasuk bagi industri otomotif. Logo dapat memiliki makna tertentu, seperti untuk menggambarkan keunggulan atau menceritakan sejarah mobil tersebut. Sobat pasti bisa langsung mengenali logo dari mobil-mobil terkenal. Menentukan logo mobil terbaik pastinya bukan hal yang mudah karena selera masing-masing orang akan seni berbeda-beda. Tapi, di bawah ini ada 10 logo mobil yang dianggap sebagai logo mobil terbaik.

Logo mengandung sejuta makna dan seringkali menjadi inspirasi bagi sebuah loyalitas bagi para pelaku di dunia otomotif. Berikut ini adalah 10 logo mobil terbaik dunia, yang menunjukkan efektifitas dan ‘kecemerlangan’ mereka.

10. Opel

Logo Opel selalu mengandung ‘O’, namun apa yang ada dalam ‘O’ tersebut pernah beberapa kali berubah dari masa ke masa. Logo pertama menampilkan balon berkemudi (kapal zeppelin), yang bermakna ketangguhan rekayasa teknik bangsa Jerman.

Namun kini, di dunia otomotif, gambar kapal itu berubah menjadi kunci berbentuk halilintar, yang akan terus dipertahankan walaupun metode utama transportasi berubah seiring perkembangan jaman. Logo ini bermakna kecepatan dan juga keanggunan.

  1. Volvo

Volvo berarti ‘saya berputar’ dalam bahasa latin. Kata Volvo berasal dari kata latin ‘volvere’ yang berarti berputar. Logo Volvo adalah simbol kuno untuk besi, yakni lingkaran dengan anak panah menunjuk ke atas secara diagonal ke kanan.

Simbol ini juga merepresentasikan ‘Mars’ dewa perang. Mobil Volvo juga secara tradisional dikenal untuk fitur keselamatan. Simbol kuno besi digunakan untuk juga mencerminkan tradisi kuat industri besi Swedia. Logo Volvo terpasang di atas latar belakang biru.

  1. Land Rover/Range Rover

Kebanyakan orang tak menyadari apa yang ditampilkan oleh logo Rover. Itu adalah sebuah gambar kapal bangsa Viking, yang terkenal sebagai bangsa penjelajah asal benua Eropa. Lambang tersebut adalah sebuah penggambaran diri Rover yang sangat cocok untuk dipakai di alam bebas dan membentuk imej sebagai ‘sang petualang’.

  1. Audi

Insinyur Jerman, August Hoch mendirikan perusahaan A. Horc & Cie pada 1899. Satu dekade kemudian, ia terpaksa hengkang dari perusahaan yang didirikannya. Tak patah arang, bersama partner bisnisnya, Franz Fikentscher, mendirikan perusahaan baru.

Ketika mendiskusikan nama perusahaan barunya, putra Fikentscer yang sedang belajar Bahasa Latin di sudut ruangan menanyakan arti ‘audiatur et altera pars’ (bukankah ide bagus untuk menyebutnya Audi bukannya Horch?) Kata ‘Horc’ adalah singkatan dari kata ‘mendengar’ dalam Bahasa Jerman.

Sementara Audi adalah kata latin yang juga berarti ‘mendengar’. Kemudian, pada 1932, empat perusahaan yakni, Audi, Hoch, DKW, dan Wanderer merger menjadi satu perusahaan, Auto Union. Kemudian dipilihlah logo berupa empat cincin yang bertautan, simbol penyatuan empat perusahaan yang jadi kebanggaan sekaligus rahmat bagi mereka hingga saat ini.

  1. Elfin

Elfin adalah produsen mobil-mobil sport dan mobil untuk balap motor sejak tahun 1957. Elfin memiliki logo yang sangat berkaitan erat dengan nama mereka.

Di saat para pembuat mobil memilih untuk menggunakan simbol dan sejarah sebagai tema logo-logo mereka, Elfin memilih sketsa wajah dari peri (Elf) yang memancarkan kebahagiaan.

Lingkaran yang melingkupinya bukan mendeskripsikan sebuah roda, melainkan sebagai simbol sebuah ‘keikutsertaan’. Logo mobil yang mudah dikenali ini menghantarkannya meraih penghargaan.

  1. Alfa Romeo

Logo pembuat mobil asal Italia ini dibentuk dari dua gambar. Gambar pertama (sebelah kiri logo) adalah lambang yang lazim dikenakan di lengan baju orang-orang Milan, di abad pertengahan. Sementara gambar kedua (sebelah kanan logo) adalah ular yang memangsa musuh-musuh masyarakat Milan saat itu.

  1. Smart

Logo Smart layak mendapatkan penghargaan karena dianggap paling simple dan intuitif di antara logo-logo mobil lainnya. Logo Smart mengandung huruf ‘C’ yang bermakna compact (rapi) dan car (mobil), dengan sebuah anak panah untuk mendeskripsikan orientasi pemikiran di masa yang akan datang, terutama target konsumen yang ingin mereka raih.

  1. Subaru

Subaru adalah nama Jepang untuk gugus bintang di Pleiades di rasi bintang Taurus. Enam bintang yang dapat dilihat dengan mata telanjang di ‘Pleiades’ dijadikan logo Subaru yang melambangkan enam perusahaan yang merger membentuk Fuji Heavy Industries.

Logo enam bintang yang sekarang dipakai sebagai identitas perusahaan Fuji Heavy Industries pertama kali dipakai pada mobil Subaru 360 produksi tahun 1958. Pencipta logo Subaru adalah desainer industri Tatsuzō Sasaki yang juga bertanggung jawab atas desain dasar Subaru 360.

Logo setelah itu sempat diperbaiki beberapa kali. Walaupun posisi bintang pada logo mobil sudah tidak lagi mengikuti susunan bintang yang sebenarnya dalam Pleiades, logo mobil Subaru tetap menggunakan 6 buah bintang (1 besar dan 5 kecil).

  1. BMW

Logo ikonik produsen mobil asal Jerman ini berhasil memenangkan penghargaan di sisi desain. Logo ini tak pernah berubah sejak awal berdirinya BMW. Arti dari paduan warna biru dan putih dalam sebuah lingkaran disesuaikan dengan sejarah awal perusahaan, yakni sebagai sebuah pabrik pembuatan pesawat.

Desain tersebut dirancang untuk terlihat seperti sebuah ilusi optical saat seseorang melihat dari sisi depan baling-baling pesawat yang tengah berputar.

  1. Toyota

Toyota berhasil meraih penghargaan desain logo mobil terbaik rancangan tangan saat ini. Logo Toyota yang sederhana tersebut terangkai dari huruf-huruf dan gaya bahasa yang mengandung makna. Jika menilik dari logonya, Anda bisa melihat huruf-huruf T-O-Y-O-T-A tersembunyi di dalamnya, tanpa seseorang harus mengatakan terlebih dahulu hal tersebut pada Anda.

Dari kejauhan, logo Toyota mirip huruf ‘T’ yang berarti ‘Toyota’. Namun, jika diamati lebih dekat, logo mobil Jepang itu terdiri dari tiga bentuk oval. Dua oval yang saling bertautan menyerupai huruf ‘T’ merepresentasikan hubungan saling menguntungkan dan saling mempercayai antara pelanggan dan Toyota.

 

Latar belakang oval yang lebih besar menggambarkan perkembangan kemajuan teknologi dan kesempatan tak terbatas bagi perusahaan untuk terus maju.

Written by Aziz Gigi

Nama saya Aziz. Saya anak juragan tembakau. Saya ganteng dan disukai banyak wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *